oleh

Bupati Bone Terima Audensi Direktur ICRAF Indonesia

BONE.GO.ID, BONE— Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si., didampingi Kepala Bappeda Bone DR. H. Ade Fariq Ashar, S.STP., M.Si.,menerima Audiensi Direktur CIFOR – ICRAF Indonesia DR. Sonya Dewi di Rumah Jabatan Bupati Bone Selasa, 13 September 2022.

Audiensi dimaksud dalam rangka meminta dukungan kepada Bupati Bone terkait kegiatan Projek Sustainable Landscapes For Climate-Resilient Livelihoods in Indonesia (Land4Lives).

Bupati Bone Dr A Fahsar M Padjalangi menuturkan Kabupaten Bone merupakan daerah yang terluas di Sulawesi Selatan. Dengan sejumlah permasalahan dan kompleksitasnya, Bone terbuka untuk menerima sejumlah project yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami pemerintah daerah mensupport ini karena sangat membantu untuk pemberdayaan di masyarakat, membantu kita dalam peningkatan kesejahnteraan masyarakat, Bone ini daerah yang luas dengan segala keterbatasan APBD yang dimiliki,” kata Bupati Bone.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah( Bappeda) Bone Dr Ade Fariq Ashar.

“Terkait dengan Land4lives yang dilaksanakan ICRAF dibantu oleh pemerintah Kanada ini, ini kita bersyukur karena hanya Bone yang terpilih di Indonesia Timur karena memang kita luas wilayah dan segala aspek memang memenuhi syarat, kita punya daratan, laut, pergunungan, dan sungai, kita pilih desa dari hulu ke hilir Bone,” kata Dr Ade Fariq.

Direktur ICRAF Indonesia Dr Sonya Dewi menuturkan program ICRAF untuk menfasilitasi dan melakukan pendampingan di tingkat desa, melakukan peningkatan kapasitas masyarakat. Sonya Dewi menuturkan dipilihnya Kabupaten Bone lantaran juga memenuhi kriteria.

“Kami melihat Bone ini sangat potensial namun memiliki sejumlah permasalahan, di mana memiliki DAS Walanae yang kadang-kadang kebanjiran, juga kadang kadang kebanjiran, di mana perubahan iklim akan menjadi semakin ekstrem, lebih sering terjadi, kami merasa dengan adanya project land4lives bisa membantu, penghidupan masyarakat itu bisa lebih tidak rentan dengan perubahan iklim,” katanya.

Sonya mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Kabupaten Bone bersama pemerintah daerah Bone untuk program Land4lives.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati yang menyambut sangat baik dan kami berharap semua bisa bekerja sama untuk memberikan kehidupan lebih baik di masyarakat, Kami mempunyai 12 desa pilot project yang sudah terpilih mewakili keberagaman dari hulu ke hilir, mulai desa hutan hingga ke hilsir desa nelayan,” kata Sonya.

“Program yang ditawarkan peningkatan kapasitas agar masyarakat bisa mengelolah lahannya lebih baik dan lebih ramah iklim dan produktivitas juga meningkat, kita juga akan bantu ke akses pasar, akses pendanaan ke perbankan,” tambahnya.

Turut Hadir Kadis Perindustrian Bone Dr. Ir. Khalil Sihab, M.Si., Kadis PPPA Bone Dra. Hj. Rosnawati, M.Si., Kadis Kominfo Bone Drs. Andi Amran, M.Si., Kadis PMD Bone Drs. Andi Gunadil Ukra, M.M., dan Kadis DLH Bone Dray Vibrianto, S.IP., M.Si.

Sementara Direktur ICRAF Indonesia, Sonya Dewi didampingi Kooordinator Project Icraf Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Syahrir bersama sejumlah peneliti Icraf Indonesia melakukan kunjungan ke desa-desa yang menjadi lokasi program Land4Lives.

(AN).*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.