Menteri Pertanian Galakkan Gerakan tanam Tanam Kedelai dan Jagung di Ulaweng Bone

BONE.GO.ID, BONE— Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Jumat (1/4/2022).

Dalam kunjungannya, Mentan RI menggalakkan gerakan tanam Tanam Kedelai dan Jagung
di Desa Timusu, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Hadir Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, Sekda Bone A Islamuddin, Forkopimda Bone, Kadis A Asman Sulaiman, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, A Asman Sulaiman.

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo mengajak semua elemen masyarakat di Kabupaten Bone untuk lebih giat dan rajin memaksimalkan potensi pertanian. Apalagi Kabupaten Bone dikenal dengan penghasil padi dan jagung salah satu terbesar di Indonesia.

“Bone ini memiliki potensi pertanian yang sangat sempurna sangat lengkap, tanah subur, matahari bagus, angin bagus, air juga sangat menunjang. Oleh karena itu optimalisasi pertanian harus bisa didorong lebih maksimal karena pertanian itu langsung memberi energi dan kekuatan ekonomi bagi rakyat Bone,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul menyebutkan selain padi dan jagung, salah satu hal yang patut dicoba galakkan di Kabupaten Bone yakni kedelai. Kata dia, hampir setiap tahun Indonesia melakukan impor kedelai dan saat ini harga kedelai sedang bagus-bagusnya.

“Salah satu bentuk yang akan kita coba log disini bersama pak Bupati tentu sampai jajaran paling bawahnya adalah kedelai jagung oke, kedelai harus di dorong yang lain pun didorong. Padi juga seperti itu, kita berharap pak Bupati bisa merencanakan lebih besar lagi khususnya kedelai karena kedelai lagi bagus harganya dan kita berharap Bone adalah penunjang pertamanya,” kata Syahrul.

Sementara itu Wakil Bupati Bone Ambo Dalle menuturkan Kementerian Pertanian tidak salah memilih Kabupaten Bone sebagai daerah lokomotif bidang Pertanian.

“Karena Bone tidak pernah mempermalukan kementerian Pertanian dengan selalu mensukseskan program Kementerian Pertanian, mudah-mudahan kehadiran Menteri Pertanian dapat membawa berkah bagi petani di Kabupaten Bone dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bone,” kata Ambo Dalle.

Wakil Bupati Bone dua periode itu mengajak para petani bersatu dan mensukseskan program pertanian. Di mana Kabupaten Bone ditunjuk sebagai program pencanangan khususnya penanaman jagung dan kedelai.

“Bapak Menteri Pertanian hadir langsung mencanangkan penanaman jagung dan kedelai karena kita semua berharap tidak ada lagi impor kedelai dan penanaman kedelai kita mulai dari Kabupaten Bone di Desa Timusu, apalagi harga kedelai cukup menggembirakan di atas Rp 9 ribuan,” kata Ambo Dalle.

(AJ).*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *