Forkopimda Bone Ziarah Makam Raja Bone di Gowa dan Makassar

BONE.GO.ID— Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi didampingi Wakil Bupati Bone Ambo Dalle bersama Forkopimda menziarahi makam Raja-raja Bone. Pelaksanaan ziarah itu sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Bone ke-692.

Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi bersama Forkopimda Bone melaksanakan ziarah ke Kabupaten Gowa dan Kota Makassar, Rabu (16/3/2022).

Di Kabupaten Gowa, rombongan menziarahi Makam Raja Bone ke- 15 La Tenri Tatta Arung Palakka Matinroe Ri Bontoala.

Bupati Bone bersama rombongan disambut langsung Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan jajaran.

Dalam sambutannya, Bupati Bone mengucapkan banyak terima kasih Kepada Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Pasalnya di tengah kesibukannya tetap hadir menerima rombongan forkipomda Bone.

“Kami mengucapkan terima kasih, beliau setiap tahun senantiasa meluangkan waktunya untuk menerima kunjungan Forkopimda Bone,” kata Bupati Bone dua periode ini.

Kata Fahsar, ziarah makam Raja- Raja Bone khususnya merupakan kegiatan rutin yang senantiasa laksanakan dalam rangkaian menyambut Hari Jadi Bone setiap tahunnya.

“Kami juga berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gowa karena sudah menjaga dan memfasilitasi setiap tahunnya Makam Raja Bone Ke- 15,” tambahnya.

Fahsar menambahkan bahwa Bone dan Gowa merupakan saudara yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Olehnya itu, Fahsar
mengundang dengan hormat Bupati Gowa dan jajaran dalam rangka Hari Jadi Bone ke-692 tahun.

Sementara itu Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam penyambutan rombongan, menyampaikan, Bone bukan tamu di Gowa, melainkan keluarga.

“Bone – Gowa adalah keluarga yang tidak bisa dilepaskan, satu persaudataan, satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan oleh isu apapun, hari ini kita menunjukkan kembali bahwa Bone – Gowa tidak bisa dipisahkan dalam membangun Sulawesi Selatan yang lebih baik di masa yang akan datang,” kata Adnan.

Bupati Bone dan rombongan juga melaksanakan Ziarah Makam Raja Bone yang berada di Kota Makassar. Yaitu Raja Bone Ke-12 La Tenripale Matinroe Ri Tallo, Raja Bone Ke-23 La Tenritappu Sultan Ahmad Saleh Matinroe ri Rompegading, Raja Bone Ke-32 La Mappanyukki Sultan Ibrahim Matinroe ri Gowa.

Serta Makam Raja Gowa Sultan Hasanuddin dan Makam Andi Pangeran Petta Rani di Taman Makam Pahlawan Panaikan Kota Makassar.

Sehari sebelumnya, Bupati Bone bersama rombongan melaksanakan ziarah Makam Raja Bone ke I9 Lapattawe di Bulukumba dan Makam Raja Bone Ke 21 La Tenriruwa Sultan Adam di Bantaeng.

(AJ).*

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *