Sambut HJB ke-692, Forkopimda Bone Ziarah ke Makam Raja Bone di Bulukumba dan Bantaeng

BONE.GO.ID— Bupati HA Fahsar M Padjalangi dan Wabup Bone Ambo Dalle melaksanakan ziarah ke Makam Raja Bone ke IX Lapattawe di Bulukumba dan Makam Raja Bone Ke XI La Tenriruwa Sultan Adam di Bantaeng. Hal itu dilakukan dalam rangka menyambut Hari Jadi Bone (HJB) Ke-692.

Hadir pula Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan jajaran Pemkab Bone, Ziarahi Makam Raja Bone Ke-Xl Dan Ke-lX.

Adapun Makam Raja Bone yang diziarahi yakni, Mangkau Bone Ke-lX Lapattawe Matinroe Ri Bettung Kabupaten Bulukumba dan Mangkau Bone XI La Tenri Ruwa Sultan Adam Matinroe Ri Bantaeng Kabupaten Bantaeng, pada Selasa 15 Maret 2022.

Sebelum ziarah ke makam Lapattawe, rombongan dipimpin Bupati Bone Fahsar Padjalangi, diterima dan dijamu oleh Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf di rumah jabatan Bupati Bulukumba. Lalu kemudian Bupati Bone memasangkan songkok recca khas Bone kepada Wabup Andi Edy.

Bupati Bone mengatakan, ziarah makam Raja Bone yang dilaksanakan adalah bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Bone ke-692.

“Kunjungan yang kita laksanakan hari ini selain merupakan rangkaian hari jadi bone, juga untuk mempererat hubungan kekerabatan antara Bone Bulukumba dan Bone Bantaeng,” ucap Bupati Bone

 

Sementara itu Wakil Bupati Edy Manaf menyampaikan selamat datang kepada Bupati dan Wakil Bupati Bone dan rombongan.

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, oleh karena Bupati Bone bersama rombongan dapat berkunjung di Kabupaten Bulukumba untuk ziarah ke makam leluhur Raja Bone di luar daerah Bone,” ungkapnya.

Jika merunut sejarah di masa lalu, maka Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Bone memiliki entitas dan budaya yang tidak bisa dipisahkan. Bulukumba adalah bagian dari Bone, begitu pula sebaliknya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya makam Raja Bone La Pattawe Daeng Soreang Arung Kaju di Kabupaten Bulukumba.

 

Dari Bulukumba, Bupati Bone bersama rombongan melanjutkan rangkaian ziarah makam Raja Bone ke-XI La Tenriruwa Sultan Adam di Kabupaten Bantaeng, Rombingan dijemput secara adat dan diterima langsung oleh Bupati Bantaeng DR. H. Ilhamsyah Asikin. M. Si

Sekedar diketahui La Pattawe Daeng Soreang Matinroe ri Bettung Bulukumba adalah raja Bone ke-IX yang memerintah pada tahun 1565-1602. Sementara La Tenriruwa Sultan Adam Matinroe ri Bantaeng adalah raja Bone ke-XI yang memerintah tahun 1611-1616.

(RIL/AJ).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *