Bersama Forkopimda, Bupati Bone Panen Perdana Program IP 400

BONE.GO.ID, BONE— Pemerintah Kabupaten Bone melalui Kadis Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (PTPHP) Kabupaten Bone melaksanakan panen perdana program Indeks Pertanaman (IP) 400. Kabupaten Bone menjadi salah satu kabupaten percontohan program IP 400 di Sulawesi Selatan.
Bupati Bone Dr HA Fahsar M Padjlangi bersama Forkopimda Kabupaten Bone melaksnakan panen perdana itu di Lingkungan Talumai, Kelurahan Bukaka, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Senin (7/3/2022).
Program IP 400 merupakan program yang digulirkan Kementerian Pertanian untuk mengajak petani empat kali memanam dan memanen dalam setahun pada hamparan yang sama.
Bupati Bone Dr HA Fahsar M Padjalangi menuturkan sektor pertanian, satu-satunya sektor yang tetap tumbuh di tengah pandemi Covid 19.
“Pertumbuhan ekonomi kita ditentukan oleh produksi pertanian kita apalagi di tengah pandemi ini, kita tidak terlalu merasakan karena kebutuhan sehari hari kita bisa ditutupi karena produksi pertanian, oleh karena itu kita harus maanfaatkan apalagi ada program IP 400,” kata Bupati Bone.
Dia menyebutkan jika program IP400 berhasil, maka target Bone masuk lima besar produksi padi di Indonesia bisa terwujud. Sekarang, Bone berada di 10 besar dengan produksi terbanyak di Indonesia.
“Dibutuhkan sekarang adalah kerja keras. Dan kami minta kepada penyuluh pertanian, jangan berhenti berinovasi, inovasi pertanian ini perlu dipikirkan, coba duduk bersama apa inovasi pertanian bisa kita tonjolkan kedepan di tingkat nasional,” kata Fahsar.
Sementara itu Plt Kadis Tanaman Pangan, HA Asman Sulaiman mengaku, pihaknya optimis program IP400 bisa menjadi percontohan, khususnya di Sulsel. Khusus panen perdana padi IP400 di Kelurahan Bukaka, luas lahannya mencapai 70 hektar.
“Satu hektarnya bisa menghasilan gabah kering hingga 7 ton. Kita yakin dengan 4 kali panen dalam setahun, kesejahteraan petani akan semakin meningkat, apalagi masa tanam hingga panen hanya 70 hingga 80 hari,” katanya.
Kakak Plt Gubernur Sulawesi Selatan ini menambahkan dari 4000 hektar di Sulawesi Selatan, Kabupaten Bone menjadi sampel pengembangan untuk IP400 dengan mencapai 3.103 hektar.
“Untuk saat ini bantuannya masih berupa bibit, kedepan kita juga upayakan agar petani mendapatkan bantuan pupuk dan sebagainya, agar produksi pertanian kedepan semakin meningkat,” sebutnya.(AJ).*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *