Peringatan Hari Ulang Tahun Korpri ke-48 Tingkat Kabupaten Bone

Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M. bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Korpri ke-48 tahun yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Watampone, Jumat 29 November 2019

Tema peringatan HUT Ke-48 KORPRI Tahun 2019 adalah: “KORPRI : Berkarya, Melayani dan Menyatukan Bangsa”.

Sebelumnya Wabup juga mengapresiasi pelaksanaan upacara ini berjalan sangat tertib. Wakil Bupati Bone mengajak anggota KORPRI di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone untuk meningkatkan kinerja terutama di bidang pelayanan publik.

Upacara diikuti seluruh jajaranForkopimda, pejabat OPD, Camat, dan anggota Korpri Kabupaten Bone.

BERIKUT SAMBUTAN TERTULIS PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA SELAKU PENASIHAT NASIONAL KORPRI PADA HARI ULANG TAHUN KE-48 KORPR TAHUN 2019 YANG DIBACAKAN WAKIL BUPATI BONE

Hadirin dan undangan yang saya muliakan.

Pertama-tama, selaku Presiden Republik lndonesia danPenasihat Nasional KORPRI, saya mengucapkan selamatulang tahun kepada seluruh anggota KORPRI di manapun saudara berada, baik yang ada di tanah air maupun di seluruhperwakilan Republik lndonesia di Luar Negeri.

Saya ingin menyampaikan salam sekaligus apresiasikhusus pada anggota KORPRI yang bertugas di pelosok-pelosok negeri, di pulau-pulau terdepan, di kawasan perbatasan dan wilayah-wilayah terisolir.

Mereka adalah abdinegara yang menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, untukmemastikan negara hadir di seluruh penjuru tanah air. Terimakasih atas pengabdian yang saudara-saudara berikan kepadarakyat, bangsa dan negara.

Hadirin dan segenap anggota KORPRI yang saya hormati,

Saat ini, kita berada di dunia yang berubah dengan cepat,yang sangat berbeda dengan dua puluh, tiga puluh atau empatpuluh tahun yang lalu. Revolusi industri jilid ke-4 telah mendisrupsi segala lini kehidupan, bukan hanya cara dalamberkomunikasi tapi juga dalam cara mengelola pemerintahan.

Di sisi lain, persaingan antarnegara juga semakin sengituntuk berebut teknologi, berebut pasar dan memperebutkan
talenta-talenta hebat yang digunakan untuk memajukannegaranya.

Dalam menghadapi perubahan dan persaingan itu, kitatidak boleh takut. Kita harus menghadapi persaingan itu dengan
cata-cara baru, dengan terobosan-terobosan baru. Kecepatan,kreativitas dan inovasi adalah kunci. Cara-cara lama yangmonoton, yang tidak kompetitif tidak bisa diteruskan lagi. Kita
harus bisa lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengannegara lain.

Karena itu, saya mengajak seluruh anggota KORPRI untukmengambil jalan perubahan, melakukan reformasi secaraberkelanjutan. Tidak ada lagi pola pikir lama. Tidak ada lagi kerja linear. Dan tidak ada lagi kerja rutinitas. Birokrasi harusberubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, cepat beradaptasi dengan perubahan.

Saya mengajak seluruh Anggota KORPRI untuk terusmenerus bergerak mencari, terobosan, terus menerus melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit danyang menyulitkan rakyat, harus kita pangkas.

Kecepatanmelayani menjadi kunci reformasi birokrasi.Orientasi birokrasi harus betul-betul berubah, bukan lagiberorientasi pada prosedur, tapi lebih berorientasi pada hasilnyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harusbisa dipotong, dipercepat dengan cara penerapan teknologi.

Bahkan saya sudah minta eselon 3 dan 4 untuk ditiadakan,sehingga pengambil keputusan bisa lebih cepat. Hal yang pahitharus kita lakukan. Karena di era persaingan antarnegara yangsemakin sengit seperti saat ini jika kita lambat, kita pastitertinggal. Karena itu ukurannya adalah bukan lebih baik darisebelumnya tapi lebih baik dari negara lain yang menjadisaingan kita.

Saya juga sering mengingatkan bahwa kita harusmengurangi kegiatan seremonial yang sifatnya rutinitas danlebih meningkatkan produktivitas serta berorientasi pada hasil.

Tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani denganbaik serta program-program pembangunan betul-betullerdelivered, dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

Sekadarmelayani saja sudah tidak cukup, pelayanan yang diberikanharus baik dan diimbangi dengan kemudahan serta kecepatan.Dengan kemajuan teknologi, cara kerja birokrasi jugaharus berubah. lnovasi teknologi harus bisa mempermudah,bukan mempersulit pekerjaan. Kemajuan teknologi adalahinstrumen untuk mempercepat penyelesaian masalah. Dan Masalah saat ini harus kita selesaikan dengan smart shortcut yang lebihcepat, lebih efisien dan lebih memberikan dampak yang luas.

Hadirin dan segenap anggota KORPRI yang sayabanggakan,

Kita harus optimis menatap masa depan. Kita haruspercaya diri menghadapi tantangan kompetisi global. Kita harusyakin menjadi salah satu negara terkuat di dunia. Menjadi negara pemenang.Kuncinya adalah kita mau bersatu. Persatuan dankesatuan adalah pengikat kita untuk menuju lndonesia maju.

Tanpa persatuan, kemajemukan negara kita, tidak akan pernahmenjadi energi kolektif untuk mencapai kemajuan. Tanpapersatuan, kita akan menjadi negara yang lemah dan pecundang.

Karena itu, saya mengajak pada seluruh anggota KORPRIyang tersebar di seluruh lndonesia menjadi garda terdepandalam merajut persatuan, menjaga tali persaudaraan sebagaisatu saudara se-bangsa dan se-tanah air.

Kita harus ingat bahwa negara kita adalah negara besar.Negara dengan 17 ribu pulau, dengan agama, suku, budayadan bahasa daerah yang beragam. Kita adalah negara yangber-bhinneka tunggal ika.

Keberagaman ini adalah kekuatankita. Kemajemukan adalah anugerah dari Tuhan Yang MahaEsa kepada bangsa lndonesia, yang harus kita jaga dan rawat bersama-sama.

Hadirin dan segenap anggota KORPRI yang saya hormati,

Mengakhiri sambutan saya ini, saya ingin sekali lagimenyampaikan salam hangat kepada segenap anggotaKORPRI di manapun saudara-saudara berada. selamatbertugas, Ianjutkan pengabdian dan karya terbaik Saudara-saudara bagi rakyat, bangsa dan neg ara.Terima kasih.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Om Shanti Shanti Shanti Om,
Namo Buddhaya.

Demikian sambutan Prresiden RI yang dibacakan Wakil Bupati Bone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *