Kelola DAK dengan Benar, Pemkab Bone Raih Penghargaan dari Kementerian PUPR Republik Indonesia

162

Kabupaten Bone kembali meraih penghargaan di mana satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang mendapat penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia atas prestasi kinerja terbaik Pelaksana Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019.

Penghargaan DAK Bidang Air Minum itu diserahkan Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Nurdin Abdullah pada acara Konsultasi Program DAK Tahun Anggaran 2020, di Makassar, Senin 4 November 2019.

Atas penghargaan itu, Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. berterima kasih dan bersyukur atas prestasi yang diraih. Menurutnya raihan prestasi ini tidak terlepas kerja keras jajaran OPD serta dukungan masyarakat Bone.

“Alhamdulillah, prestasi ini diraih berkat usaha maksimal yang dilakukan jajaran OPD di lapangan” kata Bupati Bone.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (disperkimtan) Kabupaten Bone A.Ikhwan Burhanuddin, S.H., M.Si. mengatakan berbangga dengan penghargaan yang diterimanya.

” ini bagian dari upaya dan kerja keras kita semua dan kami tetap selalu berusaha semaksimal untuk memajukan Bumi Arung Palakka” ujarnya.

Ada beberapa aspek yang menjadi pertimbangan sehingga Kabupaten Bone meraih penghargaan ini. Di antaranya adalah ketepatan sasaran program, output, serta outcome yang dihasilkan.

“Aspek tersebut dinilai karena program air minum diharapkan tuntas. Dengan artian bahwa dimulai dari pengambilan pada sumber air sampai mengalir ke sambungan rumah. “Dikatakan tuntas apabila sudah sampai mengalir ke rumah warga,” jelasnya.

Khusus untuk penghargaan DAK ini diberikan kepada pemerintah daerah di mana penggunaan DAK dilakukan secara sungguh-sungguh.

DAK yang diterima Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (disperkimtan) Kabupaten Bone tahun 2019, yaitu di bidang air minum, dan bidang sinitasi. Penghargaan diterima dalam bidang air minum.

“Kita mendapat DAK di dua bidang dan yang mendapat penghargaan kinerja terbaik adalah bidang air minum,” ujarnya

Di samping itu, komitmen Pemerintah Kabupaten Bone untuk melakukan peningkatan pemenuhan air minum bagi warga tidak mampu melalui kegiatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas).

Yang tak kalah pentingnya dalam penilaian ini secara admninistrasi, yaitu laporan dan monitoring serta koordinasi rutin yang dilakukan dalam rangka pengelolaan DAK yang merupakan unsur penilaian yang cukup penting.

Diketahui, Dana Alokasi Khusus (DAK), adalah alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintahan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. DAK termasuk di dalam Dana Perimbangan, di samping Dana Alokasi Umum (DAU).

BAGIKAN