Sosialisasi Pengembangan Talas Jepang di Libureng

Bertempat di kantor Desa Pitumpidange, Kecamatan Libureng Kabupaten Bone, BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan petani dengan tema “Sosialisasi Pengembangan Talas Satoimo”. pada Selasa 2 Juli 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh
Perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan, Staf Ahli Program Talas dari BPTP Balitbangtan Universiatas Hasanuddin, Tim Pendamping dan Supervisi dari Jepang, Mr. Nakata, Camat, UPTD Pertanian, Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Bone, Pengusaha dan importir serta Kelompok Tani.

Camat Libureng Andi Rahmat Musrya, S. S.T.P. mengatakan, kami berterima kasih kepada Pemprov Sulsel atas Bantuan Program Pengembangan Talas Jepang di Kecamatan Libureng yang merupakan Program Bapak Gubernur Sulawesi Selatan.

Kami berharap masyarakat sebagai penerima manfaat dari program ini agar dapat menjalankan program tersebut dengan baik. Di mana talas ini merupakan sebuah komoditi ekspor yang bernilai ekonomi tinggi.” tuturnya.

Lanjutnya, kita berharap semoga program ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Pitumpidangnge dan bisa menjadi komoditi unggulan di Desa ini. Karena ini adalah program yang baik apalagi ada tim yang mendampingi mulai saat ini sampai panen, dari sisi pemasaran tidak perlu ragu karena disiapkan pengusaha dan importir yang akan langsung membeli hasil panen petani.”jelasnya.

Seperti diketahui, Talas Jepang atau dikenal dengan talas Satoimo merupakan komoditi pangan bernilai ekspor yang cukup baik dan mulai dikembangkan di Indonesia. Secara normal tanaman ini dapat menghasilkan puluhan ton/ ha /panen.

Di Sulawesi Selatan, budidaya talas Jepang sudah dilakukan di beberapa kabupaten di antaranya, Kabupaten Bantaeng, Pinrang, Luwu, dan Jeneponto.

Sumber : https://ketapang.bone.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *