Pemkab Bone Kembali Raih WTP

207

Pemkab Bone kembali menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Kinerja Pengelolaan Keuangan Tahun 2017 di Auditorium BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Makassar, Senin, 28 Mei 2018.

Penghargaan itu diserahkan ketua BPK Perwakilan Sulawesi Selatan Bpk. Widiyatmantoro yang diterima oleh Pj.Bupati Bone Ir.H.A.Bakti Haruni,C.E.S. didampingi oleh Kepala BPKAD Kab.Bone Drs.Andi Fajaruddin,M.M., dan Ketua DPRD Bone Drs.A.Akbar Yahya,M.M. serta sejumlah Pejabat SKPD Pemkab Bone.

Penghargaan tersebut diperoleh setelah hasil audit LKPD Kab.Bone Tahun 2017 yang telah memenuhi 4 (empat) kriteria, yaitu : kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Sesuai pasal 16 ayat (1) UU Nomor 15 tahun 2004, pemberian opini terhadap LKPD didasarkan pada empat kriteria penilaian, yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern yang memadai.

Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Bone terhitung sudah tiga kali meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yaitu tahun 2015, 2016, dan 2017.

Penjabat Bupati Bone H.Andi Bakti Haruni mengatakan, bahwa penghargaan WTP yang diraih Bone tiga kali berturut-turut menunjukkan pengelolaan keuangan yang disiplin di lingkup Pemerintah Kab.Bone.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi segenap jajaran Pemkab Bone untuk lebih bekerja keras dan lebih tertib dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Kepala BPKAD Bone Bersama Staf

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kab.Bone Drs.Andi Fajaruddin,M.M. bangga dan bersyukur atas prestasi yang diperoleh serta berterima kasih kepada seluruh stakeholder atas kerja sama selama ini.

” Disadari, dengan segala keterbatasan kami, tentu masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. olehnya itu, kritik, koreksi dan saran senantiasa kami harapkan sebagai masukan yang berharga dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan tata kelola keuangan Pemerintah Kabupaten Bone,” tuturnya.

Selain Bone, ada beberapa daerah di Sulawesi Selatan yang juga memperoleh WTP, di ataranya Makassar, Parepare, Bantaeng, Sinjai, Pangkep, Bulukumba, Barru, Sidrap, Soppeng,Wajo, Gowa, Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Baca Juga : Daftar Prestasi Pemkab Bone