Literasi Keamanan Siber Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 di Sulawesi Selatan

Hotel Gammara, 20 Oktober 2023– Sebuah acara literasi keamanan siber dengan tema “Kolaborasi Jaga Ruang Siber Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024” hari ini diselenggarakan di Hotel Gammara, Jl. Metro Tanjung Bunga, Senin, 20 Oktober 2023. Acara ini menjadi forum penting untuk mengantisipasi tantangan keamanan siber dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Acara dibuka oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pengorganisasian yang baik dalam mengantisipasi perang siber dan perlunya manajemen narasi tunggal. Dalam suasana canda, Penjabat Gubernur mengingatkan hadirin tentang potensi serangan fajar yang kini mungkin tidak lagi datang dengan amplop, tapi justru melalui uang elektronik.

Sesuai dengan komitmen bersama untuk menjaga ruang siber, Penjabat Gubernur bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Kepala Dinas Kominfo Sulsel melakukan penandatanganan kesepakatan.

Pembukaan acara dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan, unsur BSSN, Kadis Kominfo Provinsi A. Winarno Eka Putra, serta Kadis Kominfo Kabupaten Bone, H. Barham, ST., MM. Turut hadir pula para Kepala Dinas Kominfo dari berbagai Kabupaten/Kota, unsur KPU, dan Bawaslu se-Sulawesi Selatan.

Para narasumber yang turut berkontribusi dalam acara ini berasal dari unsur Kejaksaan Tinggi, Kepolisian Daerah, Bawaslu, BSSN, Kodam XIV/Hasanuddin, dan KPU Provinsi Sulawesi Selatan. Mereka berbagi wawasan dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan literasi keamanan siber bagi penyelenggara Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Dengan semangat kolaborasi yang tinggi, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan para pemangku kepentingan terhadap ancaman keamanan siber selama proses demokrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *