Pemerintah Provinsi Sulsel akan membangun SMK Hortikultura Spesifik Budidaya Pisang di Kabupaten Bone

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan membangun SMK Hortikultura Spesifik Budidaya Pisang di Kabupaten Bone. Pembangunan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang perkebunan pisang.

Sekolah ini akan dibangun awal tahun 2024, dan lahannya sudah disiapkan. Selain memiliki ruang kelas, juga ruang prasarana prakteknya, laboratorium untuk kulturnya dan ada lahan untuk pembibitannya. Pembangunan sekolah vokasi ini dianggarkan Rp15 miliar,” kata Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat menghadiri Launching Berjuta Bibit Pisang Cavendish, di Universitas Hasanuddin, Kamis, 16 November 2023.
Kadis Pendidikan Sulsel, Iqbal Najamuddin, menjelaskan terkait rencana ini bahwa
konsepnya itu sekolah vokasi, tapi program studinya itu budidaya pisang sebagai program studi andalannya.
Nantinya, tenaga pengajar akan direkrut dari guru sesuai program studi yang ada dari latar belakang pertanian. “Dari latar belakang yang paham,” ujarnya lebih lanjut.
Sekolah ini akan mulai beroperasi pada tahun ajaran 2024/2025. Sekolah ini akan menerima siswa lulusan SMP/MTs. Siswa yang diterima di sekolah ini akan dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni di bidang perkebunan pisang. Lulusan sekolah ini diharapkan dapat menjadi tenaga kerja terampil yang dapat berkontribusi terhadap pengembangan komoditas pisang di Sulawesi Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *