Pertemuan Gerakan Cegah Stunting Kab.Bone 2023

Pertemuan Gerakan Cegah Stunting Melalui Pendekatan Sensitif oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bone dilaksanakan pada tanggal 16 November 2023 di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bone. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh stake holder lintas sektor sekabupaten bone.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kabupaten Bone, dr.Hj.Kartini Abbas, S.ST. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar semua pihak saling bahu membahu untuk mengatasi stunting di Kabupaten Bone, salah satunya melalui intervensi kesehatan lingkungan.

Stunting adalah hambatan tumbuh kembang anak yang disebabkan oleh kekurangan gizi secara kronis, infeksi penyakit yang berulang dan kurangnya stimulasi psikososial (psychosocial stimulation). Stunting dan kekurangan gizi lainnya yang terjadi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dapat menyebabkan hambatan perkembangan kognitif yang akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak di masa depan.

Intervensi sensitif mencakup upaya-upaya mencegah dan mengurangi gangguan secara tidak langsung misalnya peningkatan pendidikan, Peran Posyandu, Kader terhadap kekuatan kelemahan yang akhirnya muncul rencana strategis yang akan di bawah kepada peran lembaga.

Pertemuan ini di harapkan menjadi salah satu upaya yang akan berdampak positif terhadap Gerakan Cegah Stunting Melalui Pendekatan Sensitif dan salah satu wujud penguatan kembali komitmen dukungan dalam mengurangi risiko kejadian stunting.
Dengan kerja sama dan komitmen yang kuat dari semua pihak, stunting dapat ditekan dan generasi Indonesia yang sehat dan cerdas dapat terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *