Bupati dan Wakil Bupati Giat Lawatan Ziarah makam dan Situs Raja Bone wilayah dalam daerah Kabupaten Bone

Giat Lawatan Ziarah makam dan Situs Raja Bone wilayah dalam daerah Kabupaten Bone oleh Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si., didampingi Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M., dan Sekretaris Daerah Bone Drs. H. Andi Islamuddin, M.H., Ahad, 30 April 2023.

Giat tersebut merupakan Salah satu rangkaian peringatan HJB ke-693 yang turut dihadiri Forkopimda Bone, Staf Ahli Bupati Bone, Asisten Setda Bone, Kepala OPD Bone, Kabag lingkup Setda Bone, para Camat, dan tamu undangan lainnya.

Situs manurungE Ri Matajang merupakan lokasi pertama agenda ziarah dan makam tersebut.
Situs ini tercatat dalam sejarah sebagai tempat munculnya Raja Bone pertama yakni Mata Silompoa ManurungE Ri Matajang.

Camat tanete riattang beserta jajaran mengemas aksi teaterikal awal mula masyarakat Bone meminta kepada ManurungE Ri Matajang untuk memimpin Bone agar kekacauan pada masa itu bisa di redam.

Ditempat kedua, Bupati Bone beserta rombongan mengunjungi makam Raja Bone ke II La Ummasa Petta Panre Bessie, Jln. Jend. Ahmad Yani Watampone.

Raja Bone ke II adalah pencipta alat-alat dari besi di Bone. disamping itu La Ummasa juga sangat dicintai oleh rakyatnya karena memiliki berbagai kelebihan seperti : daya ingatnya tajam, penuh perhatian, jujur, adil dan bijaksana.

Lokasi ke III adalah makam Makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu To Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin dan Makam Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka Sultan Ahmad Idris, di Lalebbata Kompleks Masjid Tua Al-Mujahidin Jln. Sungai Citarum Watampone.

Lanjut ke Lokasi keempat yakni Makam Raja Bone ke-13 La Maddaremmeng dan Makam Ratu Bone ke-17 dan 21, We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung, di Kompleks Pemakaman Kalokkoe Bukaka Jln. Cempalagi Watampone.

Di Desa Matuju Kecamatan Awangpone pada Makam Raja Bone ke-33 La Pabbenteng Petta Lawa, di Kompleks Makam Petta Ponggawae, di Desa Matuju Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone merupakan Lokasi ke lima giat ziarah makam pada tahun ini.

Terakhir Bupati Bone beserta rombongan menutup agenda ziarah makam peringatan HJB ke-693 tahun 2023 di Kecamatan Cenrana di Kompleks makam Raja Bone ke-16 La Patau Matanna Tikka, di Desa Nagauleng Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *