Pemerintah Kabupaten Bone Raih Universal Health Coverage Award 2023

BONE.GO.ID, BONE— Pemerintah Kabupaten Bone meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atas dukungan pada Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang merupakan program strategis Nasional.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dan memberikan penghargaan kepada kepada 22 Provinsi, 334 Kabupaten / Kota digelar di , di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa, 14 Maret 2023.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si., yang diserahkan oleh Menteri dalam Negeri RI Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A, Ph.D.

Bupati Bone Dr. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi menyampaikan rasa syukurnya karena di tahun ini Pemerintah Kabupaten Bone telah berhasil meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) dimana 98,37% atau 800.506 jiwa dari 813.771 jiwa penduduk Kabupaten Bone telah menjadi peserta
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Capaian ini melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2024.

“Kita patut bersyukur bahwa pada tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Bone bekerjasama dengan BPJS Kesehatan telah menjadikan Kabupaten Bone berstatus Universal Health Coverage (UHC)
dengan cakupan 98,37% dari total penduduk kabupaten Bone,” kata Bupati Bone.

Kata dia, Pemkab Bone sudah mendaftarkan 237.381 jiwa ke dalam program JKN dan membayarkan iurannya. Angka tersebut merupakan jumlah penduduk terbesar se-Provinsi Sulawesi Selatan yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah ke dalam Program JKN.

Fahsar menyampaikan bahwa Pemerintah Bone telah mengalokasikan dana APBD
sebesar lebih dari Rp 115 miliar untuk membiayai Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal ini merupakan bukti wujud komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Bone dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bone.

(RIL/AJ)*.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *