Penandatanganan kontrak subsidi penerbangan rute Makassar-Bone-Kendari dan Makassar-Bone-Balikpapan

MAKASSAR — Bandara Udara (Bandara) Arung Palakka di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulsel kembali akan beroperasi.

Rencananya maskapai Susi Air yang menjadi pemenang tender ini akan membuka tiga rute penerbangan.

Kepastian tersebut setelah adanya penandatangan kontrak subsidi penerbangan rute Makassar-Bone, Bone – Kendari, dan Bone- Balikpapan di Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Kota Makassar, Senin (28/11/2022).

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pengoperasioan kembali bandara itu dilakukan setelah Pemprov Sulsel memberikan subsidi tiket sebesar Rp2,5 Miliar.

“Jadi ini kan arahan Pak Presiden dan Pak Menteri. Tolong diaktifkan bandaranya, karena sudah dianggarkan. Arahan Bapak Presiden itu kita tindak lanjuti dengan subsidi,” ungkapnya.

Subsidi ini kata dia bukan pertama kalinya. Sebelumnya sudah diberikan subsidi penerbangan Toraja-Balikpapan. Dengan beroperasinya bandara ini, tentunya dapat menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat.

“Karena dengan adanya bandara, mobilitas barang dan jasa lebih cepat dan murah,” kata Gubernur.

Wakil Bupati Bone, Drs Ambo Dalle mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Gubernur Sulsel karena memberikan apresiasi yang besar karena bandara yang pernah tidak bisa melakukan penerbangan namun berkat gubernur akhirnya kembali beroperasi.

“Bandara Arung Palaka Kabupaten Bone sudah cukup lama tidak beroperasi sejak 2017 karena adanya beberapa masalah. Alhamdulillah dengan dukungan Pemprov Sulsel, kita mendapatkan subsidi dalam rangka mengaktifkannya kembali,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya penerbangan ini maka akan membuka rute baru dan akan mengurangi kemacetan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah mengatakan rencananya penerbangan perdana akan mulai dilakukan 1 Desember 2022 mendatang.

Ada tiga rute yang akan dilayani Susi Air. Mulai dari Makassar-Bone (PP) 5 kali seminggu dengan harga tiket Rp300.000, Bone-Kendari (PP) 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp550.000 dan Bone-Balikpapan (PP) 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp1.100.000. (RIL/AJ).*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *