HUT RI dan Promosi Wisata, Pemkab Bone siapkan pengibaran bendera sepanjang 77 Meter dalam festival merah putih tangku lara

Sekda Bone Drs.H.A.Islamuddin,M.H Memimpin papat Persiapan Festival Merah Putih Tangkulara dalam Rangka menyemarakkan HUT RI ke 77 Tahun 2022 di Ruang Kerja Sekda kantor Bupati Bone, Rabu, (10/8).

Turut Hadir Kadis Pariwisata,Kadis BPBD Kabupaten Bone,Kadis Perikan,Kadis Ketenagakerjaan, Tim 7, Wakapolres Bone, Basarnas Bone.

Dalam rapat tersebut diungkapkan tujuan penyelenggaraan Festival Merah Putih Tangkulara 2022, tidak hanya sebatas menikmati panorama laut Teluk Bone, tetapi juga peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat nelayan di Kawasan Teluk Bone.

Festival ini lebih banyak melibatkan masyarakat pesisir atau nelayan, karenanya penyelenggara melaksanakan tiga jenis kegiatan dalam acara diantaranya, pembentangan merah putih sepanjang 77 meter di atas gusung Tangkulara, parade perahu nelayan, dan transplantasi karang.

Sekadar diketahui, Gusung atau pulau pasir yang terletak di perairan Teluk Bone tersebut, menjadi tempat pembentangan merah putih, setiap merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia.
Kegiatan Festival ini sudah digelar sejak tahun 2018 lalu. Bahkan Festival Merah Putih Tangkulara 2022 ini sudah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai salah satu event tahunan Sulawesi Selatan, yang digelar setiap 18-20 Agustus.

Diketahui, Gusung Tangkulara adalah sebuah pulau dengan luas 2 hektare yang berada di laut Teluk Bone, saat ini menjadi sasaran empuk bagi penikmat wisata bawah laut di Kabupaten Bone.

Untuk mencapai pulau tersebut dengan motor tempel hanya butuh waktu 15 menit dari dermaga pelabuhan Bajoe.

Daya tarik Tangkulara yang diantaranya menyajikan gundukan pasir putih ini sudah sejak dahulu menjadi tempat membersihkan kerak karang yang menempel di badan perahu sekaligus melepas lelah para nelayan Bugis dan suku Bajo ketika melaut.

Hamparan pasir putih yang dikelilingi indahnya vegetasi terumbu karang, dan biota laut yang ada, seakan menghipnotis bagi wisatawan lokal yang pernah berkunjung di tempat itu

📸dokprokopim_EM

#bone
#pemkabbone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *