oleh

Penandatanganan Kerja Sama dalam rangka Kemitraan PMA/PMDN dengan UMKM 2021

-BERITA-779 views

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. didampingi Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle, M.M. menghadiri Penandatanganan Kerja Sama Dalam Rangka Kemitraan PMA/PMDN Dengan UMKM Secara Virtual Di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Bupati Bone 18 Januari 2021.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat yang turut tersambung secara virtual dengan Presiden RI Ir.H.Joko Widodo.

BKPM telah berhasil mewujudkan kolaborasi kemitraan antara 56 Usaha Besar yang terdiri dari 29 Penanaman Modal Asing (PMA) dan 27 Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan 196 UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Potensi nilai kerja sama kemitraan tersebut mencapai Rp1,5 triliun.

https://youtu.be/SplY0fL3TFQ

Presiden RI Joko Widodo menyaksikan secara daring acara penandatanganan kerja sama kemitraan antara PMA/PMDN dengan UMKM yang bertempat di Kantor BKPM, Jakarta. Dalam arahannya, Presiden RI Jokowi menegaskan agar BKPM dapat terus meningkatkan kemudahan berusaha dan kemitraan strategis antara Usaha Besar (UB) dan UMKM dengan prinsip saling menguntungkan dan meningkatkan daya saing global.

Sementara, dalam laporan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia kepada Presiden RI Joko Widodo, disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pertanggungjawaban dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK) pasal 90 yang menyebutkan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya wajib memfasilitasi kemitraan Usaha Menengah dan Usaha Besar dengan Usaha Mikro dan Kecil serta Koperasi dalam rantai pasok yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan level usaha.

Kegiatan seremoni penandatangan kerja sama kemitraan ini turut dihadiri secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki. Sebanyak 6 (enam) perwakilan Usaha Besar yang hadir langsung antara lain PT Cheil Jedang Indonesia, PT Gunbuster Nickel Industry, PT Krakatau Posco, PT Nestle Indonesia, PT Emerald Ferrochromium Industry dan PT Pan Brothers Tbk.

Selain itu, turut berpatisipasi secara daring Gubernur, Bupati, Walikota serta Kepala DPMPTSP Provinsi, dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *