Pencanangan Kampung Literasi Desa Lanca

Bupati Bone Dr. H. Andi Fahsar M. Padjalangi, M.Si. menghadiri Pencanangan Kampung Literasi Desa Lanca, Kamis 17 Desember 2020.

Bupati Bone mengatakan kampung literasi adalah salah satu ikhtiar kecil di level daerah dan terjangkau agar mudah dioperasionalkan dalam bentuk kegiatan kegiatan praktik.

“Tujuannya adalah agar capaian dan target bisa terukur, muda dievaluasi dan dilakukan perbaikan”

“Keberadaan kampung literasi ini menjadi salah satu langkah nyata dalam memberikan kemudahan layanan informasi serta akses pengetahuan di masyarakat” kata Bupati Bone.

“Oleh karena itu, saya atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran PKBM Generasi Mandiri, yang telah bekerja keras, dalam membina Desa Lanca ini sebagai salah satu kampung literasi di kabupaten Bone”

“Semoga langkah ini menjadi bentuk sinergitas antara PKBM Generasi Mandiri dengan visi misi pemerintah daerah kabupaten Bone dalam mewujudkan masyarakat Bone yang mandiri, berdaya saing, dan sejahtera” pungkasya

Kampung Literasi merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperkuat vitalitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Progam ini diinisiasi oleh Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat melalui bantuan berupa dana untuk pengembangan literasi di tingkat kampung/desa.

Bantuan digunakan untuk penyediaan bahan bacaan, sarana baca, dan kegiatan literasi dengan pendekatan konteks lokal. Di samping itu, masyarakat kampung literasi bukan diposisikan sebagai objek program, melainkan terlibat menjadi bagian program literasi itu sendiri.

Kampung Literasi menjadi tempat penyelenggaraan beragam aksi literasi. Masyarakat di sekitar Kampung Literasi difasilitasi berbagai bahan bacaan yang kontekstual sekaligus dirangsang mengaplikasikan hasil bacaan mereka sehingga bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Mandiri (PKBM GEMA) merupakan sebuah lembaga non profit yang bergerak di bidang pendidikan nonformal, pelatihan, dan pemberdayaan masayarakat.

Berdiri pada tanggal 18 Desember 2018 dengan program utama, yaitu Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Kursus dan Pelatihan (bahasa Inggris), Taman Pendidikan Al Qur’an Taman Baca Masyarakat (TBM), Kampung Literasi.

PKBM GEMA terletak Jl. Permandian Lanca , Desa, Kecamatan Tellu Siattingnge, Kab. Bone , Prov. Sulawesi Selatan.

Dengan Legalitas: SK Pendirian Sekolah : Nomor SK : 45, Tanggal SK : 18/12/2018, SK Izin Operasional : Nomor SK : 1462 Tahun 2018 Tanggal SK :26/12/2018.

Selain PKBM Gema Mandiri Desa Lanca, di kabupaten Bone terdapat beberapa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Di antaranya PKBM Mawar Lapanni Kelurahan Waetuo Kecamatan Tanete Riattang Timur.

Bahkan PKBM Mawar Lapanni ini membentuk home industri dan produknya banyak didapati di toko-toko. Mereka sudah memanfaatkan teknologi untuk pemasaran produk. Dan sudah memiliki website sendiri, serta sudah memiliki lagu mars sendiri.

Tidak hanya itu, PKBM Mawar Lapanni ini memiliki tutor dengan prestasi tingkat nasional tahun ini, yaitu meraih Medali Perak pada Ajang Gurulympics 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *