Kabupaten Bone Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Kota Peduli HAM 2020

BERITA14 Dilihat

Peringatan Hari HAM ke-72 tahun 2020 digelar secara virtual bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, S.H.,M.Sc. yang diikuti seluruh gubernur dan kepala daerah se-Indonesia.

Adapun tema Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun 2020 yaitu “Recover Better – Stand Up for Human Rights”.

Pada peringatan Hari HAM tahun ini Pemerintah Kabupaten Bone kembali menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Sebagai Kabupaten/Kota Peduli Hak Azasi Manusia Tahun 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Gubernur Sulawesi Selatan Prof.Ir.H.M.Nurdin Abdullah,M.Agr. yang diterima Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. di Hotel Claro Makassar, Senin 14 Desember 2020.

https://youtu.be/dtMlj71vbjw

Tidak hanya tahun ini, pada tahun 2019 lalu Kabupaten Bone juga menerima penghargaan yang sama dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Sebagai Kabupaten/Kota Peduli Hak Azasi Manusia.

Tahun 2020 ini hanya 14 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan menerima penghargaan dari MenkumHAM, yaitu Kabupaten Bone, Soppeng, Sidrap, Sinjai, Bantaeng, Maros, Barru, Kota Parepare, Kota Makassar, Pinrang, Luwu Timur, Luwu Utara,, Kota Palopo, dan Toraja Utara,

Dengan adanya penghargaan ini menambah tingkat kepercayaan pemerintah pusat dan masyarakat terhadap pelaksanaan roda pemerintahan di Kabupaten Bone terutama pemenuhan hak-hak masyarakat.

Bupati Bone Dr.H.A. Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. mengatakan penghargaan yang diterima ini adalah prestasi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Bone.

“Ada beberapa parameter kepedulian HAM sehingga kita berhasil mendapatkan penghargaan, yakni pemenuhan terhadap Hak Kesehatan, Hak Pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, Kependudukan, Pekerjaan, Perumahan dan Lingkungan Berkelanjutan,” tutur Bupati Bone.

Lagi pula kata Bupati Bone, kultur masyarakat Bone yang menjunjung budaya Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi,” membuat pelanggaran HAM di Bumi Arung Palakka bisa diminimalisir.

“Olehnya itu, penghargaan dari MenkumHAM ini kami apresiasi setinggi-tingginya sekaligus bukti jika pemenuhan hak-hak masyarakat Bone terus kami perjuangkan dan tingkatkan seiring dengan terwujudnya Masyarakat Bone Mandiri, Berdaya saing, dan Sejahtera,” pungkasnya.

Untuk diketahui, di bawah kepemimpinan Bupati Bone Bpk. Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si bersama Wakil Bupati Bone Bpk. Drs.H.Ambo Dalle, M.M. Kabupaten Bone telah mendapat ratusan penghargaan dari pemerintah dan berbagai pihak.

Sejak tahun 2013 – 2020 dalam pemerintahannya tercatat sebanyak 178 penghargaan yang diperoleh Kabupaten Bone.

Baca Juga : Daftar Penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Bone

Posting Terkait

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *