Pemerintah Kabupaten Bone Mengucapkan Selamat Hari Disabilitas Internasional Tahun 2020

BERITA11 Dilihat

Hari Disabilitas Internasional (HDI) diperingati setiap tahunnya pada 3 Desember. Tanggal tersebut ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1992.

Peringatan hari disabilitas bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Adapun tema Hari Disabilitas Internasional ke-28 tahun 2020 adalah “Membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih berkelanjutan di masa pandemi Covid-19″

atau:

“Building Back Better: toward a disability-inclusive, accessible and sustainable Covid-19 World”

Dalam rangka memperingati hal tersebut, Kementerian Sosial (Kemensos) mengadakan program acara Hari Disabilitas Internasional 2020 yang digelar secara virtual.

Tujuannya adalah agar masyarakat luas dapat turut menikmati berbagai karya dan kemampuan yang dimiliki para penyandang disabilitas.

Sehingga masyarakat akan lebih memahami dan lebih peduli tentang ragam disabilitas yang ada di sekitar dengan memberikan kesempatan yang sama serta menyediakan aksesibilitas untuk berpartisipasi aktif sebagaimana warga negara lainnya.

https://youtu.be/16nJ-lfyWW4

Sementara itu Presiden Joko Widodo berpesan agar peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020 ini menjadi momentum untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas bagi perlindungan Penyandang Disabilitas.

Yaitu dari pendekatan santunan menjadi berbasis HAM yang meliputi penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak Penyandang Disabilitas.

Melalui momentum Hari Disabilitas Internasional ini, Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial terus HADIR melakukan pengembangan vokasional terhadap penyandang disabilitas demi meningkatkan kapabilitas sosialnya.

Hal ini sejalan dengan upaya negara mendorong kesetaraan bagi disabilitas sehingga dapat mengisi ruang-ruang sosial dalam bermasyarakat.

Mari bangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih aksesibel dan berkelanjutan untuk semua Penyandang Disabilitas di Indonesia.

Selamat Hari Disabilitas Internasional 2020. Mari kita wujudkan Indonesia Inklusi, kehidupan penyandang disabilitas berkualitas untuk Indonesia Maju!

Posting Terkait

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *