Akhirnya Kabupaten Bone Raih Penghargaan Nasional Proklim Lestari Tahun 2020

307

Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bone boleh berbangga atas prestasi dan penghargaan yang diperoleh.

Di mana hari ini Jumat, 23 Oktober 2020 berhasil meraih penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari adalah penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Kabupaten Bone dalam hal ini Dusun Wanuae Desa Poleonro Kecamatan Lamuru meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penghargaan tertinggi tersebut sebagai desa terbaik dalam inovasi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim se-Indonesia.

Selain Proklim Lestari, Kabupaten Bone juga dinobatkan sebagai Penerima Apresiasi Pembinaan Proklim Tahun 2020 yakni sebagai salah kabupaten yang mendukung Proklim dan kelestarian lingkungan dan kehutan.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal KLHK RI, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M., yang diterima perwakilan Kabupaten Bone Ibu Musdalifah, S.Sos.,M.Si. pada Jumat, 23 Oktober 2020 di Jakarta.

Penerimaan penghargaan tersebut bertepatan pada acara Puncak Festival Iklim Tahun 2020 di Jakarta.

“Ini perjuangan yang luar biasa atas usaha maupun kerja keras masyarakat Desa Poleonro sehingga mampu mengharumkan nama Kabupaten Bone di tingkat nasional” kata Bupati Bone.

Lebih jauh Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. mengatakan dan berharap penghargaan ini dapat dijadikan motivasi untuk berbuat lebih baik lagi, khususnya dibidang kelestarian alam dan lingkungan hidup bagi seluruh desa di Kabupaten Bone.

Atas prestasi ini, Bupati Bone selaku pembina mendapatkan apresiasi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.,.atas kontribusi nyata pemerintah daerah dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Dengan demikian hari ini Kabupaten Bone selain meraih penghargaan Proklim Lestari juga menerima penghargaan sebagai kabupaten Penerima Apresiasi Pembinaan Proklim Tahun 2020.

Sesuai ketentuan, bahwa yang bisa meraih piala lestari adalah kabupaten yang pernah meraih penghargaan proklim utama sebanyak 3 kali berturut-turut.

Untuk diketahui Kabupaten Bone telah tiga kali berturut meraih penghargaan proklim, yaitu:

Penghargaan Proklim Tahun 2017 lokus Desa Poleonro diwakili Dusun Wanuae juga menjadi satu-satunya lokasi Proklim di Kabupaten Bone dan satu dari empat Desa di Sulawesi Selatan yang menerima Tropi Proklim Utama Tingkat Nasional.

Kemudian Penghargaan Proklim Tahun 2018 dengan lokus Dusun Polewali Desa Poleonro merupakan satu-satunya lokasi Proklim di Kabupaten Bone serta satu dari tiga dusun di Sulawesi Selatan yang berhasil meraih Tropi Proklim Utama Tingkat Nasional tahun 2018.

Dan penghargaan Proklim Tahun 2019 ini dengan lokus Dusun Litta Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

Alhamdulillah di penghujung tahun 2020 ini berkat kerja sama seluruh pihak, akhirnya Bone meraih penghargaan tertinggi yaitu Proklim Lestari .

Berikut daftar 6 Desa/Kelurahan Indonesia yang memperoleh penghargaan Kategori Proklim Lestari tahun 2020.

1. Desa Bukti, Kecamatan Kabutambahan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali
2. Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah
3.RW 09 Desa Larangan, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.
4. Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.
5. Desa Pelakat, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.
6. Dusun Wanuae, Desa Poleonro, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

BAGIKAN