Buka Sosialisasi Karantina Pertanian, Bupati Bone Ungkap Fakta Sejarah

Bupati Bone Dr. H. Andi Fahsar M. Padjalangi, M.Si. membuka langsung Kegiatan Sosialisasi Karantina Pertanian yang dilaksanakan di Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, Senin 28 September 2020.

Sosialisasi tersebut mengangkat tema Tugas Pokok Fungsi Karantina Pertanian Dan Upaya Mengambil Potensi Ekspor Komoditi Pertanian Kabupaten Bone.

Kegiatan ini bertujuan dalam rangka mendukung program dan upaya pemerintah dalam perlindungan sumber daya alam dari ancaman hama penyakit hewan dan organisme penggangu tumbuhan

Program ini diharapkan untuk peningkatan ekspor komoditi pertanian Sulawesi Selatan khususnya di kabupaten Bone.

Bupati Bone dalam sambutanya saat membuka sosialisasi ini berharap, bahwa dengan adanya sosialisasi ini kita mampu mewujudkan kedaulatan pangan melalui peningkatan produksi dan produktivitas dan mutu pangan yang beragam dan sehat, meningkatkan nilai tambah, daya saing, eksport dan subtitusi impor produk pertanian.

Oleh karena itu BKP harus menjadi instansi atau lembaga pemerintah yang tangguh dan terpercaya dalam perlindungan kelestarian sumber daya alam hayati hewan dan tumbuhan dan keanekaragaman serta keamanan pangan.

Diakhir sambutannya Bupati Bone menyampaikan sebuah ungkapan yang merupakan fakta sejarah yang telah terjadi di belahan bumi ini.

“tak ada satupun negara yang kini telah menjadi negara industri maju tanpa didahului atau diiringi dengan kemajuan pertaniannya dan tidak akan mungkin terwujud kemajuan bidang pertanian jika tanpa diimbangi dengan kesejahteraan pertaniannya” Ungkap Bupati Bone.

Teknologi pertanian terus berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan di sejumlah negara, perkembangannya sangat cepat dan sudah menerapkan internet of things untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian.

Negara yang saat ini sektor pertaniannya berkembang pesat adalah China. Negara yang memiliki jumlah penduduk 1,4 miliar jiwa ini telah mampu memproduksi komoditas pangan untuk mencukupi kebutuhan warganya.

Di Cina, negara berpenduduk 1,4 M itu bisa memenuhi sendiri kebutuhan pangannya, itu kan luar biasa betul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *