Sosialisasi Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Palakka Tahun Anggaran 2020-2021

237

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. menghadiri Sosialisasi Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Palakka Tahun Anggaran 2020-2021 di Hotel Novena Watampine, Sabtu 26 September 2020.

Perwakilan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jenneberang oleh PPK Irigasi dan Rawa Dua Ida Aries Sulistianingsih mengatakan, Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi atas terselenggaranya rehabilitasi irigasi tahun anggaran 2020-2021.

“Kami berharap bantuan kepada bapak/ibu sekalian agar pelaksanaan kegiatan perbaikan ruas saluran yang akan kami kerjakan bisa berjalan dengan baik” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bone sangat mengapresiasi upaya rehabilitasi jaringan irigasi sepanjang 20 km yang akan direhabilitasi di Bumi Srung Palakka.

“Memang, jika kita menilik irigasi kita saat ini sebagian besar peninggalan Belanda. Jadi memang harus dilakukan rehabilitasi untuk mendukung pertanian yang ada di Bone” kata Bupati Bone.

“Apa lagi, berkat sektor pertanian, pertumbuhan ekonomi Bone di tengah pandemi berada di atas 7 persen. Ini patut dibanggakan” ungkapnya.

Lanjut Bupati Bone dalam sambutannya mengatakan, jika kita berbicara irigasi, secara teknis petani yang sangat merasakan dampaknya, karena dalam produksi pertanian membutuhkan pasokan air yang cukup.

“Maka dari itu, saya mengharapkan komunikasi yang baik antara pelaksana dan kelompok tani, sehingga tidak ada kisruh yang terjadi di lapangan” harap Bupati Bone.

“Saya berharap kepada pelaksana kegiatan dalam hal ini penyedia Jasa serta Konsultan Supervisi agar menjaga kualitas pelaksanaan pekerjaan dengan baik” kata Bapak Bupati

Bupati juga berharap agar pelaksanaan kegiatan tidak mengganggu pola tanam petani, perlu ada musyawarah kepada Petani Pemakai Air (P3A).

Petugas Irigasi jangan membuat keributan terkait penyaluran air kepada petani ketika pekerjaan berjalan, harus ada pengertian dan koordinasi pembagian air.

” Gotong royong perlu diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan, untuk itu pelibatan petani pemakai air atau masyarakat lokal senantiasa diberikan peluang untuk bekerja agar terlaksana secara partisipatif serta petani merasa memiliki” kata Bupati Bone.

Sementara itu Kabid Bina Pengelolaan Sumber Daya Air Sutamin, S.P., M.Si. menyampaikan kepada PPK Irigasi dan rawa II beserta Kontraktor pelaksana agar kiranya nanti dalam pelaksanaannya melibatkan elemen yang berkompeten termasuk KTPM/TPM, Tokoh masyarakat agar proses pelaksanaan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini di antaranya Kepala Dinas PSDA, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Pertanian, Tokoh Masyarakat, Perkumpulan Petani Pemakai Air, Kepala Pengamat D.I Palakka Ambo Sakka,S.T., serta dari pihak kepolisian dan TNI.

BAGIKAN