Merah Putih di Bukit Cempalagi

635

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. bersama Forkopimda Bone, Kepala OPD Bone serta beberapa Komunitas Pemuda Menghadiri Acara “KITA MERDEKA” Di Kawasan Bukit Cempalagi, Minggu 16 Agustus 2020.

Gelaran tersebut dalam rangka memeriahkan hari proklamasi ke-75 tahun yang diselenggarakan oleh Radio Suara Bone Beradat (SBB) bekerja sama dengan berbagai komunitas.

Menyuguhkan beberapa agenda acara. di antaranya, pengibaran sang saka merah putih, sepeda santai, summer camp, donor darah dan lomba makan kerupuk.

Bupati Bone sangat mengapresiasi acara yang menyatukan berbagai kalangan komunitas dan menumbuh kembangkan rasa nasionalisme terhadap negara.

“Saya salut dengan penyelenggara yang bisa menyatukan beberapa komunitas, selain menumbuhkembangkan rasa nasionalisme, ini juga bisa menjadi ajang promosi objek wisata” katanya.

Bupati Bone berharap, agar di tengah pandemi COVID-19 kita tidak menyurutkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara.

Dalam kesempatan tersebut, Forkopimda Bone memberikan beberapa pertanyaan seputar kemerdekaan kepada peserta yang hadir dan langsung menyerahkan doorprize yang telah disediakan oleh panitia pelaksana.

Dalam catatan sejarah di bukit inilah Arung Palakka menyatakan sumpah membebaskan rakyat Bone dan Bugis pada umumnya dalam cengkeraman penjajahan negeri lainnya.

Dari Bukit Cempalagi Arung Palakka bertolak ke Buton pada Tanggal 25 Desember 1660. Beliau berada di Buton selama tiga tahun.

Sejak kerajaan Bone menyatakan diri bergabung dengan NKRI tahun 1957 sejak itu pula rakyat Bone menyatukan tekad mempertahankan NKRI dalam panji Bendera Merah Putih.

Dua tahun kemudian tahun 1959 terbentuklah kabupaten Bone berdasarkan Undang-undang Nomor 29 Tahun 1959, berkedudukan sebagai Daerah Tingkat II Bone yang merupakan bagian integral dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagi rakyat Bone NKRI HARGA MATI

BAGIKAN