Bupati Bone Lakukan Pemasangan Tiang Pancang Pembangunan Jembatan Watu Senilai Rp 10 M

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. melakukan Pemasangan Pondasi Tiang Pancang Pembangunan Jembatan Sungai Watu di Desa Watu Kecamatan Cenrana, Senin 13 Juli 2020.

Jembatan Sungai Watu letaknya melintasi Sungai di Desa Watu, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone.

Pembangunan Jembatan Sungai Watu bakal menelan anggaran senilai Rp 10,4 Miliar dengan panjang jembatan 80 meter dan lebar 5 meter.

Bupati Bone hadir langsung meletakkan pondasi tiang pancang Pembangunan Jembatan Sungai Watu pertama kalinya.

Sebelumnya jembatan tersebut hanya berbahan kayu yang menyangga bahu jembatan.

Dalam sambutannya, Bupati Bone menceritakan awal kronologi Jembatan Watu dibangun.

“Jembatan ini dibangun pada era Gubernur HZB Palallagguna dan Bupati A.Muhammad Amir, waktu itu saya masih Sekcam dengan anggaran pembangunan dari provinsi,” kata Bupati Bone.

Bupati meminta PT Bersama Bangun Indonesia Mandiri sebagai pelaksana proyek melaksanakan pembangunan dengan sebaik-baiknya.

“Pembangunan Jembatan Sungai Watu betul -betul kualitasnya harus diperhatikan karena kita mau lihat jembatan ini sampai anak cucu kita nikmati,” harap Bupati Bone.

Pasalnya, akses Jembatan Watu sangat penting sebagai akses masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Hal itu membuat dirinya senantiasa berjuang untuk mencarikan anggaran Jembatan Watu untuk diganti total. Tidak lagi memperbaiki setiap tahunnya.

Apalagi menurutnya, saat ini era pandemi semakin membuat sulit pemerintah daerah di mana banyak pembangunan proyek dibatalkan lantaran anggarannya ditarik.

“Di era pandemi ini banyak anggaran ditarik baik anggaran pusat dan provinsi. Tetapi saya meminta kepada Bapak Gubernur Sulsel beberapa kali menghadap asal jangan anggaran Jembatan Watu ditarik.

“Alhamdulillah Bapak Gubernur Prof. Dr. Nurdin Abdullah menyanggupi dengan memberikan anggaran Rp 10 miliar,” kata Bapak Bupati Bone.

Sementara itu Kadis PUPR Bone H.Askar,S.T.,M.Si. menyebutkan estimasi pengerjaan Jembatan Sungai dengan waktu 180 hari.

“Kita targetkan pada 9 Desember 2020 Jembatan Sungai Watu sudah selesai pengerjaannya dan beberapa bulan

“Jembatan ini selalu masuk dalam usulan masyarakat ketika Musrenbang membuat kami juga menganggarkan pemeliharaannya, namun demikian alhamdulillah kita patut bersyukur di masa Bupati Bone Bapak Dr.H.A.Fahsar M. Padjalangi,M.Si. dan Wakil Bupati Bone Bapak Drs.H. Ambo Dalle, M.M. kita bisa melakukan perbaikan total,” kata H.Askar.

Jembatan Watu terletak di Desa Watu Kecamatan Cenrana saat ini memiliki panjang sekitar 20 meter x 2,5 meter ini terbentang di Sungai Watu dengan kedalaman air lebih kurang 20 meter. Setelah rampung pembangunannya panjang dan lebarnya akan bertambah pula.

Jembatan ini penghubung 16 desa di Kecamatan Cenrana. Dan akses utama ke Watampone ibukota Kabupaten Bone serta daerah lainnya.

Bahkan warga dari Kabupaten Wajo sering melalui jembatan ini untuk ke Watampone atau ke Makassar.

Hadir pula Plt. Sekda Bone Drs.H.A Muhammad Yamin, AT.,M.Si., Kepala Dinas PUPR Bone H.Askar S.T., M.Si., sejumlah Kepala OPD Bone, Kacabjari Bone di Pompanua, Sekcam Cenrana, Forkopimcam Cenrana, Kepala Desa se- Kecamatan Cenrana. (AN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *