Di Tengah Pandemi, Bone Raih WTP Untuk ke Lima Kalinya

408

Di tengah-tengah pandemi COVID-19 yang sedang melanda di mana pemerintah dan masyarakat Bone berjibaku untuk melakukan upaya perlawanan.

Namun di balik kondisi seperti itu tentu ada hikmahnya di mana di tahun 2020 ini pemerintah Kabupaten Bone kembali Meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Ke Lima Kalinya Dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Wilayah Sulawesi Selatan.

Predikat tersebut diraih pada saat Bupati Bone dan Ketua DPRD Kabupaten Bone mengikuti Video Confrence Penandatangan Berita Acara serah terima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 bersama BPK RI Wilayah Sulawesi Selatan.

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. bersama Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan menandatangani LHP LKPD di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kantor Bupati Bone, pada Jumat, 29 Mei 2020.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle, M.M. serta Plt. Sekda Kabupaten Bone Drs.H.A.Muhammad Yamin, AT., M.Si.

Ada lima belas kabupaten/kota di Sulawesi Selatan mendapatkan WTP di antaranya, Kabupaten Bone, Palopo, Kabupaten Luwu, Parepare, Toraja Utara, Soppeng, Wajo, Barru, Sidrap, Bantaeng, Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros dan Kabupaten Enrekang.

Kepala BPK RI Wilayah Sulawesi Selatan Wahyu Priono dalam sambutannya melalui media zoom mengucapkan selamat kepada semua daerah penerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Lanjutnya, WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai laporan keuangan pemerintah daerah yang diamanatkan kepada BPK sesuai tingkat kewenangannya.

Ia berpesan kepada seluruh pemerintah daerah untuk lebih berhati-hati menaati peraturan dan perundang-undangan yang berlakuapalagi di tengah pandemi saat ini.

“Sangat dibutuhkan kecermatan dalam membuat laporan di tengah pandemi saat ini, sehingga tahun depan BPK turun kabupaten/kota bisa mempertanggungjawabkan dengan baik mengenai laporan keuangan yang akurat dan tidak ada penyimpangan,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Bone Dr.H.A. Fahsar M. Padjalangi,M.Si. sangat bersyukur atas prestasi tersebut dan menyampaikan bahwa hal itu dapat tercapai berkat kerja sama semua elemen termasuk masyarakat.

Ini kelima kalinya kita berturut-turut meraih WTP, tak mungkin kita bisa meraih hal tersebut tanpa kerja sama dan dukungan serta doa dari segenap masyarakat Kabupaten Bone.

“Terima kasih kepada semua Kepala OPD dan khususnya masyarakat Bone, ini adalah berkah Allah SWT” ungkap Bapak Bupati.

Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Bone terhitung sudah lima kali secara berturut meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yaitu laporan keuangan tahun 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019.

Penghargaan ini menunjukkan keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bone dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan tahun 2019 lalu.

Baca Juga : Daftar Penghargaan yang diperoleh Kabupaten Bone

BAGIKAN