Peresmian Rumah Singgah di Kelurahan Bajoe

1273

Dalam rangka memaksimalkan percepatan penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bone telah menyiapkan Gedung Politeknik Teknologi Negeri Bone sebagai Rumah Singgah.

Rumah Singgah tersebut, hari ini Senin, 20 April 2020 sekira pukul 12.30 Wita diresmikan langsung Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle, M.M.

Gedung Politeknik Teknologi Negeri Bone yang berkapasitas 100 orang tersebut terletak di Dusun Rompe, Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone.

Jubir Covid-19 Kabupaten Bone Dokter Yusuf menjelaskan, bahwa Rumah Singgah ini akan dijadikan tempat bagi orang-orang yang dari luar Kabupaten Bone, sehingga mudah dan cepat untuk dipantau kesehatan pisiknya.

Lanjutnya mengatakan, sebenarnya mereka mampu untuk melakukan isolasi sendiri di rumah masing-masing namun dengan berbagai alasan.

Alasan pertama adalah terkait dengan kepatuhan akan imbauan yang sudah di sampaikan.

Kedua mungkin karena kondisi rumah yang tidak memungkinkan untuk melakukan Isolasi Mandiri bersama keluarga karena tidak bisa menjamin dengan yang lain,

Makanya gedung Politeknik inilah solusi yang tepat mengingat bahwa tempat ini juga jauh dari permukiman warga sehingga ini sangat tepat untuk di jadikan Isolasi Mandiri.

Dokter Yusuf menjelaskan, bahwa tujuan isolasi juga agar seseorang yang mungkin terinfeksi, langsung ketahuan. Sebab, ada proses inkubasi dari virus hingga menyebabkan seseorang sakit. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 5-12 hari.

Di tempat ini kata Dokter Yusuf dipastikan semua klien mendapat pengawasan dengan ketat karena memang tidak ada lagi kontak dengan keluarga. Dan mereka disediakan fasilitas kamar yang berpendingin ruangan, makan minum, suplemen gizi, fasilitas hiburan tv dan internet.

Sementara itu Wakil Bupati Bpk.Drs.H.Ambo Dalle,M.M. menyampaikan kepada Kasatpol PP Bone untuk menyiapkan anggotanya yang akan menjaga di Rumah Singgah.

“Agar tidak semua orang bisa bebas keluar masuk di tempat ini demi menjaga keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang di Isolasi Mandiri di Rumah Singgah ini” tegas Wakil Bupati.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Ibu dr.Hj. A.Khasma Padjalangi, M.Kes. mengatakan pihaknya juga siap akan memfasilitasi anggota Satpol PP yang berjaga di Rumah Singgah ini mulai dari makan dan minumnya 3 kali sehari.

Untuk diketahui, adapun Tenaga Kesehatan yang ditugaskan di Rumah Singgah tiap hari yakni :
– Perawat 12 orang
– Farmasi 2 orang
– Dokter 2 orang
– Laborant 3 orang
– PMI 3 orang
– Operator 1 orang

Peresmian Rumah Singgah tersebut dihadiri di antaranya Wakil Bupati Bone, Kadis Kesehatan Kabupaten Bone, Kasatpol PP Kab.Bone A.Akbar, S.Pd., M.Pd., Camat Tanete Riattang Timur A. Arman Boby, S.S.T.P., M.Si., Jubir Covid-19 Kab.Bone drg.Yusuf, M.Kes., Lurah Bajoe, Rahayu, S.Sos., serta Kepala Puskesmas Bajoe.

Laporan: Tim 1 Unit Deteksi Dini

BAGIKAN