Tim Satgas Terpadu Penanganan Covid-19 Interogasi Tamu dari Negara Cina

1268

Rabu Tanggal 18 Maret 2020, Tim Satgas Terpadu Percepatan Penananganan Covid-19 bersama Dinkes Bone, Kesbangpol, dan Polres Bone baru saja melakukan screening kepada tamu di Hotel Helios yang merupakan warga negara asing.

Dua Tamu yang berasal dari Negara Cina tersebut diketahui bernama.

1. Nama : Chang Ling Fing
Usia : 47 Tahun
Asal Negara : Cina 18 Desember 2019
2. Nama : Chong Young Ling 12 Januari 2020
Usia : 41 Tahun
Negara Asal : Cina

Informasi pertama berawal dari pihak Manajemen Hotel Helios Watampone sekitar pukul 20.30 Wita. Dia melaporkan ke tim satgas bahwa ada 2 warga negara asing yang tidak tahu berbahasa Indonesia yang merupakan tamu di Hotel Helios.

Sehingga tim Satgas langsung menuju ke Helios untuk melakukan pemeriksaan kesehatan awal terhadap kedua warga negara asing ini untuk langkah-langkah mengantisipasi adanya penyebaran virus corona atau Covid-19. Satgas sempat mengalami kesulitan karena kedua WNA tidak bisa berbahasa Indonesia sehingga dibutuhkan penerjemah.

Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan screening oleh tim Satgas dari Dinas Kesehatan Bone, kedua warga Negara asing ini masih dalam kondisi sehat-sehat saja. Suhu Tubuh Chang Ling Fing ini normal 36,4 Sementara Chong Young Ling juga masih normal dengan suhu tubuh 36,5.

Dari hasil pengakuan kedua warga negara asing ini Chang Ling Fing masuk ke Indonesia sejak tanggal 18 Desember 2019 lalu sementara Chong Young Ling masuk ke Indonesia sejak tanggal 12 Januari 2020.

Alasan mereka masuk ke Indonesia sampai ke Kabupaten Bone untuk mengecek usahanya, mereka ini memiliki usaha ice cream di Bone, dan setelah kami memeriksa semua dokumen termasuk visa memang benar bahwa kedua WNA tersebut memiliki dokumen lengkap, dan renacananya akan menginap di Bone selama 2 malam.

Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bone juga berharap kepada pihak manajemen hotel-hotel yang lain atau masyarakat Kabupaten Bone yang memiliki tamu dari luar daerah atau dari negara luar agar bisa melaporkan ke pihaknya untuk dilakukan pengecekan kesehatan untuk mencegah adanya penyebaran Covid-19 Ini di Kabupaten Bone.

Laporan DanSatgas : Dray Vibrianto

BAGIKAN