Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Bone

1261

Pemerintah Kabupaten Bone bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kab.Bone menggelar rapat koordinasi Sensus Penduduk 2020 di Hotel Novena Watampone, Selasa 3 Maret 2020

Rakor tersebut dibuka Bupati Bone didampingi Kepala BPS Kab.Bone, Kadis Kominfo dan Persandian, serta para pimpinan OPD dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Bone Bpk.Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. mengatakan, sensus penduduk yang dilaksanakan secara online dan wawancara ini merupakan program rutin pemerintah pusat yang dilakukan setiap sepuluh tahun sekali.

Sensus penduduk tahun 2020 ini, merupakan yang ke-7 kalinya dilakukan di Indonesia sejak dimulainya tahun 1961. Tujuannya menyediakan data kependudukan yang benar-benar valid.

Menurut Bupati Bone sensus penduduk sangat penting untuk bangsa dan negara. “Kita berharap dengan adanya sensus penduduk 2020 ini tidak ada lagi data yang tidak Valid” tuturnya.

“Program sensus penduduk 2020, saat ini menjadi kesempatan bagi BPS untuk menyampaikan bagaimana caranya mengisi secara online”

“Diharapkan semua bisa mengisi secara bersama-sama mendaftarkan diri kita melalui sensus penduduk 2020,” harap Bupati Bone.

Demi suksesnya sensus penduduk ini, Bapak Bupati mengharapkan kesadaran semua pihak yang dimulai dari diri sendiri karena sekarang sangat mudah buka saja situs: sensus.bps.go.id.

Sementara itu, Kepala BPS Kab.Bone menjelaskan, rakor ini dalam rangka memperkuat koordinasi seluruh jajaran pemerintahan untuk berkomitmen dalam menyukseskan program nasional sensus penduduk 2020 di wilayah kabupaten Bone.

“kami akan terus mendukung dan mendorong teman-teman dilapangan untuk terus bergrilya dalam menyukseskan sensus penduduk online 2020,” ucapnya.

Kepala BPS kab.Bone Ir.H.Yunus mengatakan Sensus penduduk 2020 secara online telah dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang. Sedangkan secara wawancara langsung ke rumah warga akan berlangsung pada 01-31 Juli 2020.

Tujuan diadakannya sensus penduduk ini untuk mengetahui struktur jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Bone secara keseluruhan.

Dalam rakor kali ini, petugas BPS Kab.Bone menyampaikan cara melakukan sensus penduduk secara online dan memberikan ciri-ciri petugas sensus secara langsung yang mendatangi rumah warga.

Berikut cara pengisian sensus penduduk secara OnlineĀ  :

a. Masuk ke laman sensus.bps.go.id

b. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) Anda

c. Klik kotak kosong pada Captcha lalu klik “Cek Keberadaan”

d. Jika pertama kali melakukan akses pada SP Online, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai. Lalu klik “Buat Password”

e. Masukkan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik “Masuk”

f. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP Online, lalu klik “Mulai Mengisi”

g. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai

h. Ikuti petunjuk yang ada dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya

i. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol “Kirim”

j. Unduh atau kirimkan bukti pengisian ke email Anda dengan mengisikan alamat email

Berikut ciri-ciri petugas sensus :

a. Memakai rompi berwarna biru tua dengan logo Sensus Penduduk 2020 di bagian dada kanan, logo BPS di bagian dada kiri, dan tulisan “PETUGAS SENSUS” di bagian punggung

b. Membawa tas punggung berwarna hitam dengan logo BPS dan Sensus Penduduk 2020

c. Memakai tanda pengenal yang bertuliskan nama petugas

d. Membawa surat tugas dari BPS Kabupaten/ Kota setempat.

BAGIKAN