Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone

1892

Bupati Bone mengambil sumpah/janji Pegawai Negeri Sipil lingkup pemda Kabupaten Bone di lapangan upacara kantor Bupati pada Senin 2 Maret 2020. PNS yang yang diambil sumpahnya itu sebanyak 370 orang yang terdiri dari PNS lama yang belum diambil sumpahnya, PNS dari formasi umum, dan PNS dari kategori II.

Berdasarkan Golongan Ruang terdiri dari :
Gol. III : 263 Orang, Gol. II : 46 Orang sementara itu, Berdasarkan Jenis Pengadaan Formasi terdiri dari : Formasi Umum : 100 Orang, Formasi Tenaga Honorer K2 : 107 Orang, kemudian Berdasarkan Agama terdiri dari : Agama Islam : 367 Orang, Agama Kristen : 3 Orang

Dalam laporannya Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bone Drs.A.Fajaruddin, M.M. mengatakan dasar hukum pelaksanaan pengambilan Sumpah/Janji PNS adalah Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Kemudian ditegaskan kembali dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Managemen Pegawai Negeri Sipil Pasal 39 ayat 1 yang berbunyi Setiap Calon Pegawai Negeri Sipil saat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil wajib mengucapkan sumpah/janji.

Pengambilan sumpah/janji merupakan hal yang sangat penting karena bersifat mengikat dan memaksa terhadap PNS untuk menaati atau tidak melakukan perbuatan berupa larangan yang telah ditentukan.

Sumpah yang diikrarkan pada hakikatnya merupakan komitmen PNS terhadap Tuhan Yang Maha Esa bukan sekadar loyalitas terhadap atasan atau organisasi tempat ia bekerja.

Sementara Bupati Bone Bpk. Dr.H.A.Fahsar M. Padjalangi M.Si. dalam arahannya menekankan agar PNS yang baru saja diambil sumpah dan janjinya sungguh-sungguh melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Sumpah atau Janji yang telah diucapkan ini merupakan tanggung jawab moral yang nantinya akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan demikian, diharapkan kepada para Pegawai Negeri Sipil untuk selalu ingat dan berpegang pada nilai religius dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta senantiasa meningkatkan kinerja secara profesional sesuai dengan tupoksi dan kompetensinya dalam bekerjaā€¯, tegas Bupati Bone.

Hadir dalam kegiatan ini, Wabup Bone Drs.H.Ambo Dalle, M.M. Sekda Bone H.A.Surya Darma, S.E.,M.Si. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan Dr.H.Asriady Sulaiman, S.I.P., M.Si. sekaligus pamitan dengan para pejabat dan ASN di lingkungan pemda kabupaten Bone.

BAGIKAN