Bimtek Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Tahun 2019 dan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Bone

1213

Dalam rangka upaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja, Pemerintah Kabupaten Bone melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Tahun 2019 dan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2020 di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, Selasa 25-27 Februari 2020 di Yogyakarta.

Bimbingan Teknis ini melibatkan Kasubag Program dan Perencanaan masing-masing OPD Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

Dihadiri Bupati Bone Bpk.Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. Setda Bone, Asisten Bidang Admnistrasi Umum, Kadis Kominfo dan Persandian, Kepala Bappeda, Kepala Inspektorat serta pejabat OPD lainnya.

Kegiatan bimtek dibuka Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kemenpan RB Bpk.Jufri Rahman, dengan Pemateri dari Inspektorat Daerah Sulawesi Selatan, Bappeda DIY, serta dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Adapun beberapa materi yang terkait dengan tema dan tujuan dari Bimbingan Teknis Penyusunan LKjIP Tahun 2019 dan PK Tahun 2020 meliputi: Teknis Penyusunan LKjIP Tahun 2019 dan PK Tahun 2020, Renstra OPD dan Pengukuran Capaian Kinerja, dan Kerangka Reviu Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) dan Evaluasi Atas Implementasi SAKIP OPD.

Bupati Bone dalam sambutannya mengatakan saat bimtek ini sangat penting olehnya seluruh peserta benar-benar fokus sehingga membawa hasil yang diharapkan.

Bapak Bupati memaparkan, bimtek dilaksanakan di Yogyakarta karena Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sukses meraih predikat AA dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019. Predikat ini diraihnya dua tahun berturut-turut, setelah empat kali meraih predikat A.

“Oleh karena itu, menjadi satu-satunya pemerintah daerah dengan predikat tertinggi, DIY diharapkan juga bisa menginspirasi kita di Bone. Jadi selain bimtek sekaligus Studi Tiru di Yogyakarta mudah-mudahan Sakip Bone bisa seperti DIY” kata Bupati Bone, Selasa 25 Februari 2020.

“Alhamdulillah kita diberi penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Bone tahun 2019 memperoleh predikat nilai B.

Tahun sebelumnya hanya memperoleh nilai CC. ini adalah sebuah peningkatan, namun akan lebih memacu kita untuk meraih yang lebih tinggi lagi untuk tahun 2020 ini” pungkas Bapak Bupati.

BAGIKAN