Pemda Bone Raih Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019

1567

Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Raih Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Bone mendapatkan predikat ‘ Baik’ (B). Tahun sebelumnya hanya memperoleh nilai CC.

Penghargaan bergengsi itu diterima langsung Bupati Bone dari Menteri PANRB Tjahjo Kumolo yang disaksikan Gubernur Sulawesi Selatan dalam acara Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP Tahun 2019 Wilayah III yang bertajuk SAKIP Award 2019 Making Changes Making History, di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Senin 24 Feberuari 2020.

Menteri PAN-RB Bpk. Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengatakan Kementerian PAN-RB menargetkan seluruh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota tidak ada yang meraih nilai CC. “Saya menargetkan tidak ada provinsi, kabupaten, kota yang meraih nilai CC. Saya targetkan tahun 2020 harus minimum B,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang mendapatkan predikat BB, A, dan AA karena telah bersungguh-sungguh melakukan berbagai upaya perbaikan sehingga tercipta penggunaan anggaran yang lebih efektif dan efisien.

Menteri berharap, Pemerintah Daerah dengan predikat BB dan A dapat mulai berfokus pada implementasi Performance Based Organization, termasuk upaya menciptakan reward dan punishment yang berdasar pada aspek kinerja.

Adapun bagi provinsi dan kabupaten/kota yang masih berpredikat B, saya berharap para Gubernur, Bupati, Wali Kota, dan Sekretaris Daerah untuk fokus pada upaya peningkatan ekfektivitas dan efisiensi anggaran melalui berbagai upaya, seperti penyempurnaan cascading kinerja hingga level individu; penyelesaian target kinerja tingkat pemerintah daerah melalui kolaborasi seluruh OPD atau cross-cutting program; monitoring dan evaluasi berkala atas kinerja OPD untuk mendorong pencapaian kinerja; serta pemanfaatan aplikasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi,” ujar Tjahjo Kumolo.

Selanjutnya bagi pemerintah daerah dengan predikat C dan CC, Menteri Tjahjo Kumolo sangat berharap komitmen kepala daerah untuk lebih serius lagi dalam memenuhi unsur-unsur formalitas atau pemenuhan dokumen dan ketentuan lainnya, serta meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran dengan memastikan sasaran strategis yang jelas dan berorientasi hasil; ukuran keberhasilan yang jelas dan terukur; program dan kegiatan yang berdampak langsung bagi pencapaian sasaran pembangunan; dan rincian kegiatan sesuai dengan maksud kegiatan.

“Implementasi SAKIP ini adalah untuk kepentingan masyarakat, bukan hanya kepentingan Pemerintah Daerah semata. Oleh karenanya, Kementerian PANRB terus mendorong seluruh instansi pemerintah untuk tidak pernah berhenti berupaya meningkatkan kualitas implementasi SAKIP,” pungkas Menteri Tjahjo Kumolo.

Sementara itu, Bupati Bone Bpk. Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. dalam rilisnya mengaku bersyukur atas penghargaan yang diterima. “Alhamdulillah, saat ini akuntabilitas kinerja yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bone sudah baik dan ke depan harus lebih ditingkatkan”

Insya Allah tahun 2020 ini kita berharap kinerja lebih baik lagi dan berorientasi pada hasil. Harus jelas outcome-nya apa. Kita tidak boleh lagi hanya membuat program yang tidak berorientasi pada hasil. Jadi, nanti akuntabilitasnya bagus, kinerjanya bagus dan orientasinya outcome. Ke depan kami akan kejar itu,” ungkapnya.

Bapak Bupati menuturkan, kinerja pemerintahan yang baik setidaknya dicapai melalui perencanaan yang berkualitas, pengarahan yang baik disertai keteladanan, ketersediaan informasi secara tepat waktu, adanya keterlibatan pemangku kepentingan, sumberdaya yang baik, pengendalian yang tepat dan pelaksanaan yang transparan.

“Mudah-mudahan tahun 2020 ini kita bisa mendapatkan A. Ini maknanya semua aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan outcome atau dampak dari program sudah sesuai dengan yang direncanakan” kata Bapak Bupati.

” Perencanaan yang dilakukan sejak awal dengan target-target yang jelas dan terukur kemudian dijabarkan dalam program-program yang bisa dievaluasi dan dampaknya terasa bagi masyarakat,” pungkasnya.

Atas keberhasilan meraih penghargaan SAKIP Award 2019 dengan predikat B itu, Pemerintah Kabupaten Bone paling tidak akan menerima tambahan Dana Insentif Daerah (DID) untuk tahun anggaran 2021.

Turut mendampingi Bapak Bupati di antaranya Sekda Kab.Bone, H.A.Surya Darma, S.E.,M.Si., Asisiten Bidang Administrasi Umum Dr.H. Asriady Sulaiman, S.I.P., M.Si., Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Drs.A.Amran M.Si, Kepala Bappeda Dr.Ade Fariq Ashar, S.S.T.P., Inspektur Daerah Drs.H.A.Islamuddin, dan Kabag Organisasi Setda Bone.

Baca Juga : Daftar Penghargaan Kabupaten Bone

BAGIKAN