Bupati Bone Kunjungi Pusat Pembuatan “Kawali Mangkau Pattappulo Panre”

3603

Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si. mengunjungi pusat Pembuatan “Kawali Mangkau Patappulo Panre” Sentra Pengrajin Besi di Dusun Abbolangnge Desa Lappo Ase Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, Jumat 14 Februari 2020.

Kawali Mangkau Patappulo Panre adalah Kawali Raja yang dibuat oleh 40 Panre atau Pengrajin Besi yang sudah turun temurun menjadi Panre Bessi.

Kawali Mangkau ini akan diserahkan dan dipersembahkan untuk Masyarakat Bone pada Acara Mattompang Arajang pada Puncak Hari Jadi Bone Ke-690 Tahun.

Kawali Mangkau ini nantinya akan disimpan di Museum Arajangnge dan dipersandingkan Bersama Pusaka Peninggalan Raja Bone dan Adat Tujuh serta akan diberikan prasasti yang berisi 40 Nama-Nama Panre Bessi yang membuatnya.

Bupati Bone dalam sambutan dan arahannya mengatakan Ebbu Tanra atau Buatkan Tanda pada Kawali Mangkau ini supaya menunjukkan, bahwa pusaka ini adalah Kawali Mangkau yang dibuat 40 Pengrajin Besi.

Perbaiki buatannya dan sama persis dengan gambar yang sudah di sketsa, karena ini akan disimpan di museum Arajangnge dan bersanding bersama Lamakkawa serta Pusaka Peninggalan Raja Bone lainnya.

“Kawali ini nantinya bukan saya yang ambil, saya hanya simbol untuk menerima. Kawali Mangkau ini Milik Masyarakat Bone dan akan disimpan di museum Arajangenge.” kata Bupati Bone.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Bone, Kepala Dinas Koperasi Kab. Bone, Kepala Dinas Perdagangan Kab. Bone, yang mewakili Kepala Dinas Perindustrian Kab. Bone, Camat Awangpone, Kepala Desa Paccing dan Para Panre Bessi.(prof)

BAGIKAN