Kelengkapan Dokumen Pendaftaran Domain Desa

Pendaftaran domain desa.id hanya memerlukan waktu karena perlu dicek keaslian berkas pendaftarannya.

  1. Pendaftaran domain DESA.ID hanya dapat dilakukan oleh Pemerintah Desa atau yang diminta bantuan untuk mendaftarkan.
  2. Sebelum mempersiapkan berkas pendaftaran, pastikan terlebih dulu untuk ketersediaan nama domainnya. Silakan menuju laman Whois Pandi untuk mengecek ketersediaan domain.
  3. Penulisan nama domain yang benar adalah NAMADESA.DESA.ID, NAMADESA-KECAMATAN.DESA.ID, NAMADESA-KABUPATEN.DESA.ID. Terdapat tiga pilihan nama domain, usahakan menggunakan yang terpendek. Semakin pendek nama domain, akan semakin bagus untuk SEO website desa Anda.
  4. Setelah menemukan nama domain desanya, segeralah persiapkan berkas kelengkapannya. Semakin cepat lebih baik agar nama domain tersebut tidak diambil oleh desa lain. Karena terdapat kemungkinan terdapat nama desa yang sama dengan desa Anda. Berkas kelengkapan tersebut antara lain:
    – SK pengangkatan kepala desa dari bupati.
    – SK pengangkatan perangkat desa (cukup 1 orang).
    – Surat permohonan domain (Download contoh surat permohonan)
    – Surat kuasa kepala desa kepada perangkat desa (download contoh surat kuasa)
    – KTP perangkat desa yang ditunjuk
    – No KK perangkat desa yang ditunjuk
    – Nomor handphone perangkat desa yang ditunjuk
    – Alamat lengkap perangkat desa yang ditunjuk beserta kode posnya.
  5. Lamanya pendaftaran domain tergantung dengan kementerian kominfo, karena pendaftaran perlu dicek secara manual untuk memastikan keaslian dokumen. Biasanya akan selesai dalam 2-3 minggu.
  6. Setelah domain aktif, Anda akan memerlukan hosting untuk menyimpan data aplikasi website Anda. Anda dapat menggunakan hosting dari pihak mana saja, yang penting hosting tersebut berada di Indonesia. Karena data website Anda begitu penting, tidak sembarang pihak dapat menampung data milik desa.
  7. Setelah website selesai dibuat, Anda juga dapat mengintegrasikan website tersebut dengan Sistem Informasi Desa (SID).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *