Pemkab Bone Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1441 Hijriah

939

Pemerintah Kabupaten Bone memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1441 Hijriah yang digelar di halaman rujab Bupati, Jumat, 22 November 2019.

Maulid adalah salah satu tradisi umat Islam untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. Di mana perayaan maulid ini dilaksanakan jauh sebelum nabi wafat.

Secara subtansi, peringatan ini adalah bagian ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Bahkan, selain itj, maulid ini semakin bermakna sebagai ajang silaturahmi antar umat.

Tema maulid kali ini, yaitu “meneladani akhlak dan budi pekerti Rasulullah Muhammad SAW” hikmah maulid oleh Ustadz. Dr.H.Abdul Rahman Qayyum, S.H.,M.A. Dosen Pascasarjana UIN Makassar.

Perayaan maulid diikuti seluruh instansi OPD, Kecamatan, Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, BUMN/BUMD, Organisasi Islam, dan Kepemudaan se-Kabupaten Bone.

Dalam kegiatan ini dirangkaikan pengukuhan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bone Periode 2019-2024.

Pantauan lapangan sejak sore hari, tampak ribuan hiasan male turut mewarnai acara ini, di mana ada lomba penilaian male bagi OPD, Bagian, dan Kecamatan masing-masing membawa sejumlah male dan dinilai oleh panitia.

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran OPD dan seluruh pihak atas partisipasinya sehingga peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang kita laksanakan ini berlangsung baik.

Bupati Bone memberikan penekanan akan pentingnya kehadiran Ulama untuk membentengi kemajuan global dan teknologi kepada masyarakat  terhadap dampak negatif kemajuan tersebut dan memberikan pencerahan dalam meneladani akhlak dan budi pekerti Rasulullah SAW.

Beliau juga menyampaikan selamat kepada pengurus MUI yang baru saja dikukuhkan, dan berharap MUI tetap berkomitmen dan senantiasa memantau kehidupan masyarakat untuk mencegah kemungkinan munculnya aliran-aliran sesat yang bisa saja berkembang di masyarakat.

Sementara, hikmah maulid dibawakan Ustadz. Dr.H.Abdul Rahman Qayyum, S.H.,M.A. mengulas masalah bid’ah serta mengisahkan perjuangan hidup nabi dalam menegakkan agama Islam.

Ia juga mengatakan, bahwa dalam hidup ini yang paling susah itu adalah memberi maaf, “di sinilah perlunya kita mencontoh perilaku Nabi Muhammad SAW” tuturnya.

Sementara pemenang Lomba Male sebagai berikut:

Kategori Kecamatan:

* Juara I Kec.Tanete Riattang Barat
* Juara II Kec.Cenrana
* Juara III Kec. Barebbo
* Harapan I Kec.TR. Timur
* Harapan II Kec.Awangpone
* Harapan III Kec.Dua Boccoe
* Favorit : Kec.Salomekko

Kategori OPD/Bagian :

* Juara I Dinas Pendidikan
* Juara II Satpol PP
* Juara III BKPSDM
* Harapan I Dinas PUPR
* Harapan II BPKAD
* Harapan III Dinas Perdagangan
* Favorit : Dinas Pariwisata

BAGIKAN