Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-55 Tingkat Kabupaten Bone

753

Pemerintah Kabupaten Bone menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 Tahun 2019 di Lapangan Merdeka Watampone, Selasa, 12 November 2019.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bone H.A.Surya Darma, S.E.,M.Si. bertindak sebagai pembina upacara sekaligus membacakan sambutan seragam Menteri Kesehatan RI.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2019 yang mengusung tema “Generasi Sehat IndonesiaI Unggul”.

Dalam sambutannya ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM berkualitas yaitu “stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional”, serta dua isu lainnya yang harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan.

Keempat isu di atas akan menjadi fokus perhatian bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya.

Pembangunan SDM telah diraih ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia Indonesia setiap tahun yang diukur dari meningkatnya usia harapan hidup, menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting sebesar 10% dalam 5 tahun, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dan menurunnya angka TB.

Pada lima tahun terakhir ini pembangunan kesehatan telah memperjuangkan 3 pilar, yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan biaya jaminan kesehatan nasional yang mengusung kegiatan promotif dan preventif melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan seperti germas atau gerakan masyarakat hidup sehat, PIS-PK atau program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga dan NS atau nusantara sehat.

Olehnya, melalui momentum hari kesehatan nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa dan saya berharap kita dapat bekerja sama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan, membenahi tata kelola BPJS kesehatan, penyediaan obat serta alat kesehatan lokal murah berkualitas,”

Demikian antara lain sambutan seragam Menteri Kesehatan RI yang dibacakan Sekda Bone.

Dalam rangka memperingati HKN Ke-55 tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Bone melakukan beberapa kegiatan di antaranya, pelaksanaan Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita serentak hari ini di seluruh Puskesmas Kabupaten Bone.

Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil bertujuan meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu tentang kesehatan ibu hamil, bersalin dan nifas serta tumbuh kembang balita yg optimal.

Hadir dalam giat ini seluruh jajaran Forkopimda, TNI, Polri, Pimpinan OPD, dan ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Bone.

BAGIKAN