Empat kali Berturut, Bone Kembali Raih Penghargaan Opini WTP Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Bone kembali menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Kinerja Pengelolaan Keuangan Tahun 2018. Penghargaan itu diserahkan Gubernur Sulawesi Selatan Bpk. yang diterima Wakil Bupati Bone Bpk.Drs.H.Ambo Dalle, M.M. di Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Makassar, Selasa, 29 Oktober 2019.

Penghargaan tersebut diperoleh setelah hasil audit LKPD Kabupaten Bone Tahun 2018 yang telah memenuhi 4 (empat) kriteria, yaitu : kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) adalah opini audit yang diterbitkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dengan opini ini maka Pemerintah Kabupaten Bone dianggap telah memberikan informasi akurat termasuk transparansi dalam pengelolaan keuangan.

Sesuai pasal 16 ayat (1) UU Nomor 15 tahun 2004, pemberian opini terhadap LKPD didasarkan pada empat kriteria penilaian, yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern yang memadai.

Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Bone terhitung sudah empat kali secara berturut meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yaitu laporan keuangan tahun 2015, 2016, dan 2017, dan 2018.

Penghargaan ini menunjukkan keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bone dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan tahun 2018.

Wakil Bupati Bone mengatakan, bahwa penghargaan WTP yang diraih Bone lima kali berturut-turut ini menunjukkan pengelolaan keuangan yang disiplin di lingkup Pemerintah Kabupaten Bone.

“kita berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi segenap jajaran Pemkab Bone untuk lebih bekerja keras dan lebih tertib dalam pengelolaan keuangan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara Bupati Bone Bpk. Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. mengatakan bangga dan bersyukur atas prestasi yang diperoleh serta berterima kasih kepada seluruh stakeholder atas kerja sama selama ini.

“Dengan opini WTP ini, menjadi sebuah langkah untuk memberikan pernyataan kepada publik mengenai kinerja keuangan Pemkab Bone agar kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah daerah dapat terus meningkat” kata Bupati Bone

” Disadari, dengan segala keterbatasan kami, tentu masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. olehnya itu, kritik, koreksi dan saran senantiasa diharapkan sebagai masukan yang berharga dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan tata kelola keuangan Pemerintah Kabupaten Bone,” harapnya.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Bone, Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs.A.Gunadil Ukra, M.M, Staf Ahli Bupati Bone Bidang Ekbang dan Keuangan A. Alimuddin M., S.Sos. dan Kepala Bidang Akuntansi BPKAD Kabupaten Bone Husnani, S.E.