Makna Peringatan Hari Kesadaran Nasional

3968

Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) dilaksanakan di Lapangan Merdeka Watampone, Kamis 17 Oktober 2019. Bertindak selaku inspektur upacara Komandan Kodim 1407/Bone Letkol Inf. Mustamin.

Hari Kesadaran Nasional diperingati pada tanggal 17 setiap bulan dalam bentuk upacara bendera. Hari Kesadaran Nasional memiliki makna penting untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Selain itu HKN dilaksanakan sebagai salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita semua sebagai aparatur negara.

Secara eksplisit disebut sebagai hari kesadaran nasional karena untuk menyadarkan semua warga negara, sampai saat ini masih bisa hidup dengan damai karena perjuangan para pahlawan dan pendahulu.

Dalam artian, pahlawan itu tidak hanya Beliau-beliau yang berperang melawan penjajah, tetapi juga pahlawan yang juga telah mengisi bangsa dengan pembangunan sehingga kita rasakan dan nikmati seperti sekarang ini. Dan Itulah Kesadaran Nasional yang sebenarnya.

Dalam pelaksanaannya, kalau tanggal 17 itu jatuh di tanggal merah, bisa dialihkan ke hari lain. Misalnya, Minggu tanggal 17, upacaranya Senin tanggal 18. Kecuali 17 Agustus, PNS-nya wajib upacara di hari itu juga.

Upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional tingkat Kabupaten Bone ini diikuti oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Bone H.A. Surya Darma, S.E. M.Si, Jajaran Forkopimda Bone, Para Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kabag, Camat, Lurah, Gabungan TNI-POLRI, dan Aparatur Sipil Negara.

BAGIKAN