Wapres Jusuf Kalla Resmikan Kampus Politeknik Bone

361

Wakil Presiden Republik Indonesia Bpk. Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla kunjungan kerja di Kabupaten Bone, Minggu, 6 Oktober 2019. Wapres tiba di kota Watampone pukul 11.30 Wita dengan menggunakan Helikopter VVIP Super Puma milik TNI AU.

Pukul 12.30 Wita, Wakil Presuden tiba di Kampus Politeknik Bone di Dusun Rompe, Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur disambut oleh Rektor Politeknik, dan seluruh civitas akademika, serta masyarakat setempat.

Kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak M.Jusuf Kalla d Bumi Arung Palakka untuk meresmikan Rumah Susun Mahasiswa Politeknik Negeri Bone.

Turut bersama Wapres di antaranya Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Bpk. Andi Sudirman, S.T., Pangdam XIV/Hasanuddin Bpk. Mayjend TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si., Kapolda Sulsel Bpk. Irjen Pol. Guntur Laupe dan Bupati Bone Bpk. Dr.H.A.Fahsar M. Padjalangi,M.Si., Unsur Forkopimda Kabupaten Bone.

Bupati Bone, Dr.H.A. Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. menyampaikan bahwa rusunawa rintisan Politeknik Teknologi Bone, sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Bone.

“Kehadiran kampus rintisan Politeknik Teknologi Negeri Bone dapat menjadi jenjang pendidikan lanjutan bagi calon mahasiswa yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran untuk mendapatkan spesialisasi dalam bidang terapan melalui pendidikan berkelanjutan dengan kompetensi sesuai kebutuhan industri,” ucapnya.

Mengawali sambutannya Wapres Jusuf Kalla mengucapkan syukur bisa hadir di Bajoe. “saya sampaikan syukur alhamdulillah bisa hadir di sini untuk meresmikan fasilitas untuk Polteknik Bone,” ungkapnya.

Lanjunya mengatakan, keberadaan politeknik di daerah khususnya di Kabupaten Bone sangat penting untuk membangun keterampilan sumber daya manusia ke depan.

“Kenapa kita butuh politeknik, supaya nanti kalau kita bikin gedung bertingkat enggak usah datangkan tukang-tukang atau ahli-ahli dari Jawa. Nanti tinggal kita cari anak kita lulusan Politeknik Bone yang baik, seperti itu dan juga sekaligus potensi bisa bekerja bisa menghadirkan sesuatu,” Jelas Wapres.

Karena itu, Wakil Presiden berharap agar mahasiswa belajar dengan tekun biar menjadi manusia yang cerdas, terampil, dan kompeten.

Wapres Bpk. Jusuf Kalla juga menyatakan siap membantu pembangunam Politeknik Negeri Bone dengan segala perlengkapannya yang akan dikerjakan oleh Kalla Group dan Bosowa.

Pada kesempatan itu, Wapres Bpk. H. Jusuf Kalla menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bone Bpk. H.A.Fahsar Mahdin Padjalangi atas upayanya telah menyiapkan lahan untuk pembangunan kampus Politeknik Negeri Bone di kelurahan Bajoe.

Wapres Jusuf Kalla juga sempat mengisahkan, kalau orangtuanya dahulu memulai bisnisnya di Bajoe. “Jadi daerah ini punya catatan sejarah dan kisah tersendiri serta potensi untuk dikembangkan” tutupnya.

Setelah meresmikan fasilitas Kampus Politeknik Bone, Wapres bersama rombongan menggelar tatap muka bersama warga Bone di rujab Bupati Bone. Disambut secara adat oleh Pemerintah Kabupaten Bone. Dan Bpk Jusuf Kalla juga sempat mengunjungi rumahnya di Jln. Cempalagi Watampone.

Untuk diketahui, Politeknik Bone yang ada di Kelurahan Bajoe awalnya merupakan hasil kerja sama Pemkab Bone dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Sejak tahun 2018, Politeknik Bone sudah menerima pendaftaran calon mahasiswa. Politeknik ini membuka tiga program studi, antara lain Teknik Sipil, Kimia Pertambangan dan Logistik.

Setelah lama dipersiapkan melalui sejumlah konsolidasi dan sosialisasi, Politeknik Negeri Ujung Pandang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bone akhirnya merealisasikan pendirian Program Studi di Luar Domisili (PDD).

Pendirian program tersebut telah mendapat restu dari Direktorat Pendidikan Tinggi ( Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang nantinya akan menjadi rintisan Politeknik Negeri Teknologi Bone.

Di awal keberadaannya, PD Bone akan berada di bawah binaan PNUP hingga dianggap mampu untuk berdiri sendiri sebagai Politeknik Negeri Teknologi Bone. Dan sejak 2018 lalu sudah berdiri sendiri.

Untuk tahun akademik 2014/2015, PDD Bone membuka pendaftaran untuk empat program studi yang terdiri atas program studi D3 teknik sipil, D3 teknik kimia mineral, D3 administrasi bisnis, dan D3 akuntansi.

BAGIKAN