Bupati Bone Turun Sawah di Kelurahan Ceppaga

693

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. tanam perdana pada lahan sawah baru di Kelurahan Ceppaga, Kecamatan Libureng, Kamis 26 September 2019.

“Cetak lahan sawah baru ini merupakan program pemerintah guna percepatan dan perluasan tanam padi agar produktivitas hasil pangan meningkat” kata KadisĀ  Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Ir.Sunardi Nurdin, M.Si .

Lanjutnya mengatakan, penambahan cetak sawah baru digulirkan dalam rangka swasembada pangan dan meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Bone.

Sementara Bupati Bone mengatakan dengan melalui tanam perdana di lahan baru ini, Insya Allah kita target Kelurahan Ceppaga bisa menjadi lumbung komoditi padi di Kabupaten Bone.

Oleh karena itu kata Bupati Bone, diharapkan pembukaan cetak sawah baru akan meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Bone khususnya di Kelurahan Ceppaga

Berdasarkan data Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone tahun 2019 ini kabupaten Bone memiliki lahan sawah seluas 115.245 hektar yang terdiri lahan irigasi 45.022 hektar, dan tadah hujan seluas 70.223 hektar.

Sementara itu, untuk mempertahankan luas sawah sebagai akibat yang selama ini dikonversi menjadi lahan non pertanian, telah dilaksanakan percetakan sawah seluas 700 hektar pada tahun 2019.

Untuk target luas tanam tahun 2019 seluas 124.988 hektare untuk padi, 40.007 hektar jagung, dan kedelai seluas 8000 hektar. Sementara pengembangan sektor hortikultura tahun 2019 berfokus pada komoditi cabe rawit seluas 40 hektar, cabe besar 20 hektar, mangga 20 hektar, dan bawang merah 25 hektar.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Danrem 141/Toddopuli Kolonel Infanteri Suwarno , Kepala Dinas Tanaman pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan diwakili Kabid Prasarana dan Sarana Ir.Arfain, M.Si, KadisĀ  Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Ir.Sunardi Nurdin, M.Si.,

Selain itu hadir pula Asiste I Setda Bone, Drs. A. Muhammad Yamin. AT.,M.Si., Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bone, A. Ikhwan Burhanuddin, S.H., M.Si., Forkopimcam Libureng, dan tokoh masyarakat tani setempat.

BAGIKAN