Sejumlah Daerah Studi Banding di Kabupaten Bone

391

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone Drs. Andi Amran, M.Si. menerima langsung Kunjungan Tim Kegiatan Join Monitoring Cross Learning’ Pada Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif dan Studi Banding dari 4 Daerah dan Provinsi.

Tamu tersebut berasal dari Pemerintah Kabupaten Bogor, Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Pangkep, serta Perwakilan UNICEF untuk Sulawesi Selatan di Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone, Jalan Andi Mappanyukki No.1 Watampone, Selasa 17 September 2019.

Kunjungan Studi Banding ini Terkait Jumlah Data Stunting, BumDES, data SDDK, Pelayanan Publik Berbasis Data Online di Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Kepala Bappeda Kabupaten Bone, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone serta rombongan dari OPD dan Kepala Desa dari 3 Kabupaten dan 1 provinsi.

Kadis Kominfo Bone mengatakan ini berkat sinkronisasi dan sinergitas Dinas Kominfo Kabupaten Bone dan OPD lain sehingga Dinas Kominfo Bone menjadi Pusat Data dan Informasi Pemerintah Kabupaten Bone

Tamu dari berbagai daerah dan provinsi tersebut mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bone atas penerimaan dan pelayanan yang diberikan.

Menurutnya data-data SDDK yang dipersentasikan murni bersumber dari bawah sehingga akuntabel dan validasinya sangat akurat dan sistemnya open source (terbuka) sehingga bisa diakses secara online.

Disalah satu ruang kantor Dinas Kominfo Bone terdapat foto Raja Bone dan Bupati Bone dari masa ke masa, sempat menarik perhatian seluruh rombongan tamu tersebut dan mendapat penjelasan dari Kabid Teknologi Informasi.

Selain itu rombongan tamu juga melihat perangkat elektronik seperti server yang ada di kantor Kominfo Bone. Di mana server tersebut menjadi tempat penyimpanan sebagian database Pemkab Bone yang terhubung ke internet sehinga terbuka untuk umum.

Di mana infrastruktur jaringan intranet tersebut telah menjangkau sebanyak 38 OPD yang dibangun oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfo) Kabupaten Bone.

Dengan ketersediaan jaringan ini memungkinkan seluruh OPD dapat mengakses internet serta menginput data masing-masing melalui aplikasi dan website tanpa kendala.

Sebelumnya rombongan tamu tersebut diterima Wakil Bupati Bone Bpk. Drs. H.Ambo Dalle, M.M. di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Bone yang selanjutnya berkunjung ke Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kab.Bone.

BAGIKAN