Tim Kampanye Pencegahan dan Penurunan Stunting Sambangi Desa Laburasseng

200

Dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Bone, tim koordinasi percepatan penurunan stunting menyambangi Desa Laburasseng, Kecamatan Libureng, Kamis, 12 September 2019.

Tim tersebut dipimpin langsung Kadis Kesehatan Kabupaten Bone dr.Hj.A.Khasma Padjalangi,M.Kes., didampingi Sekcam Libureng, H.Syamsul Bahri, S. Sos., M.M. , dan Kades Laburasseng, Pak Aris.

Dalam kegiatan tersebut Kadis Kesehatan Kab.Bone menyerahkan alat Anthropometri Kit, kepada Kades Laburasseng dan Kader Posyandu.

Anthropometri Kit, yaitu sejenis alat yang digunakan untuk mengukur dimensi tubuh manusia untuk balita dan dewasa. Alat ini nantinya digunakan oleh warga yang dipandu Kader Posyandu setempat.

Di hadapan warga masyarakat setempat Kadis Kesehatan Kabupaten Bone menjelaskan, generasi penerus bangsa harus sehat, cerdas, kreatif, dan produktif.

Jika anak-anak terlahir sehat, tumbuh dengan baik dan didukung oleh pendidikan yang berkualitas, Insya Allah, anak-anak kitaakan menjadi generasi yang hebat menunjang kesuksesan pembangunan bangsa.

“Namun, sebaliknya, jikaanak- anak terlahir dan tumbuh dalam situasi kekurangan gizi kronis, mereka akan merjadianak kerdil” jelas dr.Hj.A.Khasma Padjalangi,M.Kes.

Dijelaskannya, kekerdilan pada anak mencerminkan kondisi gagal tumbuh pada anak Balita. Sehingga anak menjadi terlalu pendek untuk usianya.

Hal itu menurut Kadis Kesehatan disebabkankarena kekurangan gizi kronis yang terjadi sejak bayi dalam kandungan hingga usia duatahun.

Terakhir Kadis Kesehatan mengungkapkan, bahwa pada periode seribu hari pertama kehidupan anak harus mendapatperhatian khusus karena menjadi penentu tingkat pertumbuhan fisik, kecerdasan, dan
produktivitas anak di masa depan.

Berdasarkan Keputusan Bupati Bone Nomor 276 Tahun 2019 Tentang Penetapan Nama Desa Prioritas Pencegahan Stunting Kabupaten Bone Tahun 2019.

Disebutkan, bahwa terdapat 10 Desa Prioritas pencegahan stunting Tahun 2019 yang tersebar di 6 kecamatan, yaitu:
1. Desa Tondong (Kec.Tellu Limpoe)
2. Desa Batu Putih (Kec.Tellu Limpoe)
3. Desa Samaenre (Kec.Tellu Limpoe)
4. Desa Matajang ( Kec.Kahu)
5. Desa Hulo (Kec.Kahu)
6. Desa Cempaniga (Kec.Barebbo)
7. Desa Sugiale (Kec.Barebbo)
8. Desa Tadampalie (Kec.Ulaweng)
9. Desa Laburasseng (Kec. Libureng)
10.Desa Bana (Kec.Bontocani).

Sehari sebelumnya, Rabu 11 September 2019, Tim Kampanye terintegrasi telah mengunjungi Desa Tadangpalie Kecamatan Ulaweng sebagai salah satu Desa Lokus Intervensi gizi terintegrasi pada tahun 2019.

(Rilis : dr.Eko Nugroho)

BAGIKAN