Inilah Lokus Penilaian Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat di Kabupaten Bone Tahun 2019

195

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan menurunkan tim untuk melakukan penilaian dan verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019.

Adapun rute perjalanan tim verifikasi, yaitu dijemput di Bandara Hasanuddin oleh Ketua Tim Teknis Forum Kabupaten Bone Sehat, pada Senin 23 September 2019.

Selanjutnya tim bersama rombongan disambut di Kecamatan Lapri oleh forum kecamatan sehat setempat. Selanjutnya tim menuju kota Watampone di Rujab Bupati Bone.

Tim penilai dari Kementerian Kesehatan tersebut tiba di Watampone pada Senin 23 September 2019. Dan esoknya Selasa 24 September 2019 tim akan melakukan penilaian disejumlah lokus penilaian di Kabupaten Bone.

Sebelum menuju lokasi objek penilaian, tim mengikuti senam massal di Lapangan Merdeka Watampone, Selasa 24 September 2019.

Adapun lokus yang akan dikunjungi di antaranya:
1. Gua Mampu Desa Cabbeng Kec. Dua Boccoe (pariwisata sehat);
2. Terminal Petta Ponggawae, Kelurahan Bulu Tempe, Kec. Tanete Riattang Barat (terminal sehat);
3. Pasar Pacing, Desa Pacing, Kecamatan Awampone (pasar sehat);
4. TPA Passippo Desa Passippo, Kecamatan Palakka;
5. Desa Mallari Kecamatan Awampone, (Pokja Desa, sampah menerangi rumahku)
6. Desa Manciri, Kecamatan Ajangale (Gempuzi) ; dan
7. Lokus untuk kantor Sehat, adalah kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR, dan Kantor Dinas Kesehatan Kab.Bone;
8. Beberapa lokus lainnya.

Terakhir Tim mengunjungi Desa Manciri Kecamatan Ajangale sekaligus pelepasan dan selanjutnya tim menuju Kabupaten Soppeng.

Ketua Umum Forum Bone Sehat Hj.Kurniaty A.Fahsar,S.H., Spec.Not. berharap kegiatan penilaian ini berjalan lancar dan Bone bisa meraih penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat yakni Penghargaan tertinggi Kabupaten Sehat Wistara.

Diketahui, Penilaian Kabupaten Kota Sehat dihelat setiap 2 tahun sekali secara Nasional. Pada tahun 2015 Bone meraih piala Swasti Saba Padapa (taraf pemantapan). Kemudian Tahun 2017 mengalami peningkatan menjadi Swasti Saba Wiwerda (taraf Pembinaan).

Dan pada penilan lapangan tahun ini Pemerintah Kabupaten Bone menargetkan penghargaan tertinggi, yakni Wistara (pengembangan). Hal ini dapat terwujud dengan sinergitas para stakeholder.

BAGIKAN