Tim Surveyor Akreditasi Kementerian Kesehatan RI Kunjungi Puskesmas Biru dan Watampone

311

Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M. menyambut Tim Surveior Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementerian Kesehatan RI di UPT Puskesmas Biru, Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang, Senin, 9 September 2019.

Tim diketuai dr. Lestaryono, M.Kes. (UKP : Upaya Kesehatan Perorangan), bersama rekannya, yakni dr. Esti Wilianto, M.H.S.M. (Admen: Administrasi Manajemen), dan Sri Purwati, S.K.M., M.Kes. (UKM : Usaha Kesehatan Masyarakat).

Kehadiran tim itu dalam rangka Survey Akreditasi Puskesmas di UPTD Puskesmas Biru, untuk melihat langsung keadaan puskesmas secara nyata di lapangan.

Wakil Bupati Bone mengatakan, untuk melihat sejauh mana kwalitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Bone, maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar baku yang telah ditetapkan melalui mekanisme akreditasi.

“Sehubungan dengan hal tersebut, saya berharap penilaian akreditasi Puskesmas UPT Biru ini bisa lebih memotivasi kita semua yang terkait dengan pelayanan kesehatan agar terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat,” harapnya

Sementara Ketua tim dr. Lestaryono, M.Kes. menjelaskan, “Ada tiga hal yang akan di survei. Pertama, administrasi dan manajemen puskesmas. Kedua, upaya kesehatan masyarakat perorangan dan lintas-sektoral dalam upaya peningkatan mutu kesehatan. Ketiga, pelayanan,” jelasnya.

Kemudian dikatakannya, akreditasi ini dalam upaya menuju pelayanan berkualitas, perlindungan kepada pasien, payung hukum kepada petugas yang memberikan pelayanan, karena telah bekerja sesuai standar operasional.

Dengan demikian, diharapkan tidak akan terjadi malapraktik. Jadi, tujuan utama akreditasi puskesmas adalah agar masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan dengan prima.

“Begitu pula petugas kesehatan di puskesmas bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan payung hukum sesuai SOP (Standard Operasional Prosedur) ” tuturnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Bone diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Pencegahan Penyakit drg. Yusuf, menyebutkan, bahwa adapun tujuan akreditasi Puskesmas adalah untuk meningkatkan mutu layanan Puskesmas, memacu Puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan, dan survey ini dilakukan sekali tiga tahun.

Dijelaskan, bahwa hari ini ada dua puskesmas yang disurvey, yaitu Puskesmas Biru dan Puskesmas Watampone. “Jadi ada dua tim surveior, kita berharap semua puskesmas di Kabupaten Bone nantinya bisa terakreditasi. Dengan terakreditasinya puskesmas maka pelayanan kesehatan semakin meningkat” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada tim penilai dari komisi akreditasi Kementerian Kesehatan RI atas dukungannya dalam mendorong peningkatan mutu dan kinerja pelayanan di Puskesmas kami melalui kegiatan penilaian akreditasi ini. Semoga proses penilaian dapat berjalan dengan baik.

Hadir pula dalam kegiatan ini dr. Eko Nugroho, S.Ked. Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab.Bone, Camat Tanete Riattang A.Saharuddin, S.S.T.P., M.Si. serta tamu dan undangan lainnya.

BAGIKAN