Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (Stunting) Sulawesi Selatan

332

Gubernur Sulawesi Selatan Prof.Dr.Ir.H.Nurdin Abdullah, M.Agr. bersama Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu M.A. melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bone, Senin 2 September 2019.

Gubernur bersama rombongan disambut Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. didampingi Wabub di Rujab Bupati Bone, Jln.Petta Ponggawae No.1 Watampone.

Kunjungan Gubernur dalam rangka pernyataan bersama terkait komitmen pelaksanaan percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) di Sulawesi Selatan. Deklarasi digelar di Halaman Rumah Jabatan Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae, Watampone, Selasa 3 September 2019.

Dalam Pernyataan Bersama Komitmen Pelaksanaan Percepatan Pencegahan Stunting tersebut, selain dihadiri Rektor Unhas Prof.Dwia Aries juga dihadiri empat Kepala Daerah, yakni Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M. Padjalangi, M.Si., Bupati Wajo Dr.H.Amran Mahmud, S.Sos.,M.Si., Bupati Pinrang H.Andi Imran Hamid, S.Sos. dan Bupati Takalar Syamsari Kitta, S.Pt.M.M.

Turut Hadir Wakil Bupati Sinjai Hj.A.Kartini Ottong, S.P.,M.S.P. dan Assisten l Muh. Sabri mewakili Pj. Walikota Makassar.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menjelasakan, Pemerintah Pusat saat ini terus berupaya mencapai target penurunan angka stunting dalam RPJMN 2015-2019 sebesar 28% pada akhir tahun 2019.

Upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong peran dan keterlibatan Pemerintah Daerah, khususnya melalui program-program inisiatif daerah. Bupati/Wali Kota se-Indonesia telah bersepakat untuk melaksanakan dan mempercepat pencegahan anak kerdil (stunting) di wilayahnya masing-masing.

Adapun isi komitmen bersama itu antara lain, melaksanakan pertemuan daerah percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) bersama dengan seluruh Organisai Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa dan pihak terkait lainnya.

Kemudian melakukan aksi konvergensi/integrasi program dan kegiatan yang terkait dengan percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) di daerah.

Melakukan pengumpulan dan publikasi data anak kerdil (stunting) serta program-program percepatan yang sudah dilakukan secara berkala, dan menggunakan data sebagai dasar untuk melakukan perbaikan program.

Menyusun kebijakan dan melaksanakan kampanye perubahan perilaku dan komunikasi antar pribadi untuk percepatan pencegahan anak kerdil (stunting). Dan meningkatkan peran desa dalam melakukan konvergensi percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) di desa.

Usai penandatanganan komitmen didampingi Bupati Bone, Bapak Gubernur bersama rombongan mengunjungi Rumah Sakit Tenriawaru Watampone.

Sehari sebelumnya Gubernur bersama rombongan dijamu makan malam di Rumah Jabatan Bupati Bone, yang dilanjutkan acara ramah tamah, dan Gubernur NA sempat membawakan lagu dari Negeri Sakura Kokoro No Tomo.

BAGIKAN