Mahasiswa KKN Unhas Kelurahan Macanang Gelar Pelatihan Grafis Matematika Untuk Guru SMA di Bone

707

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) gelombang 102 di Kelurahan Macanang, Kecamatan Tanete Riattang Barat, menggelar pelatihan pembuatan grafis matematika menggunakan software matematika di SMA Negeri 13 Bone, Kamis 18 Juli 2019. Aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru untuk meningkatkan animo belajar siswa serta sebagai suplemen bahan ajar guru sendiri.

Zaitun yang merupakan pembawa materi dalam kegiatan tersebut dan dibantu oleh seluruh rekan mahasiswa KKN seposkonya mengatakan bahwa kegiatan ini suatu pengabdian yang dilaksanakan sesuai kebutuhan masyarakat khususnya dari sektor pendidikan.

“Alhamdulillah berjalan lancar, saya juga melaksanakan kegiatan ini sesuai kemampuan dan ada sedikit ilmu tentang teknologi matematika, yah saya terapkan dan mendapat respon yang positif oleh sebagian besar guru-guru, awalnya ragu mau dilaksanakan tapi berkat teman teman yang support sehingga kami realisasikan,” jelasnya.

Zaitun Berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menstimulus sebagian besar siswa dalam menyukai pelajaran matematika serta mempermudah dalam proses pembelajaran.

Mahasiswa KKN Unhas dari Prodi matematika tersebut juga berharap kepada pemerintah melalui Dinas Pendidikan dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi suatu program jangka panjang karena teknologi tiap periodenya mengalami perkembangan dan perlu persiapan untuk itu.

“Kami kemarin sudah mendapat izin yang resmi dari dinas pendidikan melalui surat yang dimasukkan, yah semoga dengan itu bisa mendapat tanggapan yang lebih ke depannya berhubung kami melakukan kegiatan melalui Kuliah Kerja Nyata jadi kecil kemungkinan akan kami laksanakan lagi ke depannya,” harap Zaitun.

Mulyadi, guru matematika SMAN 13 Bone, menyebut bahwa grafis yang ditampilkan adalah suatu inovasi yang sangat berguna untuk guru nantinya saat akan membawakan materi dikelas.

“Model pembelajaran seperti ini yang bisa menambah wawasan serta motivasi belajar siswa di kelas meskipun materi tergolong sulit apalagi ini matematika, jadi ini boleh dikata inovasi yang hebat. dan juga kami sebagai guru sangat terbantu dalam menyediakan bahan ajar,” ujarnya.

Kegiatan yang berjalan sekitar tiga jam itu didominasi dengan metode praktik langsung oleh pemateri, mulai dari grafis matematika statis hingga animasi matematika melalui aplikasi yang tersedia secara gratis di internet.

Selain melihat animasi yang ditampilkan para guru juga diminta untuk membuat animasi sesuai apa yang ditugaskan menggunakan Aplikasi Geogebra.

BAGIKAN