Mahasiswa KKN Unhas Kelurahan Watang Palakka Gelar Sosialisasi Bahaya dan Pengolahan Sampah Plastik

244

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) Kelurahan Watang Palakka, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone menggelar Sosialisasi Bahaya dan Pengolahan Sampah Plastik. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Urusan Agama (KUA) Tanete Riattang Barat, Jumat, 12 Juli 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Lingkungan dan ibu-ibu Kelurahan Watang Palakka.
Dalam Sosialisasi tersebut, mahasiswa KKN memberikan edukasi tentang bahaya sampah plastik, termasuk lama penguraian sampah plastik serta bahaya ketika sampah plastik dibakar.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa KKN juga menjelaskan cara pembuatan ecobrick dan handicraft sebagai alternatif pengolahan sampah plastik. Ecobrick salah satu metode pengolahan limbah sampah plastik menjadi barang serbaguna. Sedang Handicraft sendiri bagaimana mengolah sampah menjadi berbagai macam kerajinan.

Koordinator Kelurahan, Wahyudi Budiman, menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memahamkan masyarakat akan bahaya sampah plastik dan bagaimana pengolahan sampah plastik.

Wahyu berharap dengan sosialisasi tersebut bisa memberikan manfaat kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan plastik.

“Semoga dengan kegiatan ini masyarakat lebih bijak dalam menggunakan plastik,” harap Wahyu.

Sementara itu warga setempat merasa senang dan berterima kasih atas kehadiran KKN Unhas di daerahnya yang memotivasi mereka utamanya bagaimana penanganan limbah seperti sampah plastik.