Wakil Bupati Bone Hadiri Harganas di Kota Banjar Baru Kalsel

178

Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M. didampingi Sekertaris Daerah Kab. Bone H. A. Surya Darma S.E., M.Si., Asiten I, Asisten II dan Kepala BKKBN Kab. Bone bersama Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bone serta rombongan menghadiri Puncak Hari Keluarga Nasional ke-26 Tahun 2019 di Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Sabtu, 6 Juli 2019.

Dengan Tema “Hari Keluarga Kita Semua. Cinta Keluarga, Cinta Terencana”. Dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani. Dia hadir mewakili Presiden RI Joko Widodo sekaligus membuka acara tahunan tersebut.

Penginisiasi kegiatan tersebut Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo dan Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor dan Ketua Tim Penggerak PKK Prov Kalsel, Hj. Raudatul Jannah Sahbirin Noor.

Dalam sambutannya, Puan Maharani menjelaskan Harganas menjadi peringatan tahunan untuk bisa merekatkan hubungan kekeluargaan dan gotong royong bagi keluarga Indonesia.

Peringatan ini penting tapi jangan hanya menjadi seremonial, harus direalisasikan konkret di dalam keluarga Indonesia.

“Ini merupakan harganas yang cukup meriah dan banyak tamu dari seluruh indfonesia.
“Apresiasi saya ucapkan ke gubernur yang sudah menggelar acara yang cukup meriah,” kata Puan.

Puan menyebutkan, tahun depan Harganas akan akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat. Dan menurut Puan Maharani Harganas yang diperingati tiap tahun bertujuan memberikan motivasi ke masyarakat bahwa keluarga merupakan fondasi penting membangun keluarga sejahtera.

Sementara itu, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengungkapkan, Harganas merupakan pengingat akan pentingnya keluarga bagi pembangunan bangsa sebagai wahana untuk memenuhi kebutuhan ‘asah, asih, dan asuh’. Keluarga menjadi tempat sempurna untuk menanamkan nilai karakter manusia Indonesia, yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong.

Menurut dia, hal ini harus dibangun sejak dini, saat kehamilan, kelahiran hingga masa tumbuh kembang anak, demi mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga kecil bahagia sejahtera.

“Kami ingin mendorong masyarakat untuk selalu memulai segala sesuatu dengan rencana dalam setiap aspek kehidupan. Diawali dari keluarga. Hidupkan kembali nilai-nilai keluarga melalui aktivitas berkumpul, berinteraksi, berdaya, berbagi dan peduli. Jadikan momentum Harganas untuk mengingatkan kita kembali betapa pentingnya arti sebuah keluarga,” kata mantan Bupati Kulonprogo tersebut.

Rangkaian acara Harganas ke-26 telah dimulai sejak 2 Juli 2019. Saat ini BKKBN sedang aktif mempromosikan dan membudayakan tagline ‘Kalau terencana, Semua Lebih Mudah’ dan menggalakkan semangat ‘Kembali ke Meja Makan’.

BAGIKAN