Bimbingan Manasik Haji di Masjid Al-Markaz Al-Ma’arif

372

Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Bone di Masjid Al-Markaz Al-Ma’arif Watampone, Senin, 24 Juni 2019 dilaksanakan Kementerian Agama Kabupaten Bone.

Hadir Bupati Bone Dr. H. Andi Fahsar M. Padjalangi, M.Si didampingi Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M., dan unsur Forkopimda Kabupaten Bone.

Hadir pula  Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan H. Anwar Abubakar, S.Ag., M.Pd. serta Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam.

Bimbingan Manasik Jamaah Calon Haji tingkat Kabupaten Bone Musim Haji Tahun 1440 H/2019 Masehi dibuka Bupati Bone. Kegiatan manasik tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 24-25 Juni 2019.

Seperti tahun sebelumnya, tahapan pelunasan biaya penyelenggaraan Ibadah Haji selesai, maka seluruh Jamaah Calon Haji Kabupaten Bone memasuki rangkaian Bimbingan Manasik Haji.

Di awal sambutannya, Bapak Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh Jamaah Calon Haji yang akan menunaikan rukun Islam kelima pada musim haji tahun 2019 ini.

“Dari sekian banyak umat Islam di Bone yang berniat melaksanakan ibadah haji, namun karena keterbatasan kuota, Alhamdulillah saudara-saudaralah yang mendapat undangan dari Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini” ujarnya.

Bupati Bone berharap seluruh jamaah mempersiapkan segala sesuatunya baik mental maupun pisik agar pada pelaksanaan ibadah di tanah suci nantinya bisa berjalan dengan lancar.

“Kita semua berharap agar para jamaah mengikuti seluruh tahapan Manasik Haji dengan baik, serta menjaga kekompakan, serta tetap menjaga nama baik daerah kita” ujar bupati.

Sebelumnya, Kasi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Bone H.Anwar menjelaskan dari total kuota Kabupaten Bone berjumlah 753 calon jamaah haji (CJH) akan bertambah 82 orang. Sehingga menjadi 835 orang.

Sedang pada musim haji tahun 2018 lalu jumlah Calon Jamaah Haji Kabupaten Bone sebanyak 761 orang yang terdiri dari 2 (dua) kelompok terbang (kloter).

Sesuai dengan keputusan kantor Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan total tambahan kuota yang diberikan untuk Kabupaten Bone khusus CJH Lansia sebanyak 37 orang dan pendamping 20 orang serta tambahan untuk urutan porsi yang sudah melunasi sebanyak 25 orang,” jelasnya.

Untuk pendamping calon jamaah lansia menurut H. Anwar itu diberikan kesempatan bagi keluarga yaitu, suami, istri, anak kandung atau saudara.

Penambahan kuota haji tersebut karena adanya permintaan pemerintah Indonesia yang dikabulkan oleh Arab Saudi sebanyak 10 ribu orang.

Kuota haji Sulawesi Selatan tahun 2019 ini bertambah sebanyak 463 orang. Jumlah tersebut kemudian dibagi sesuai kuota Calon Jamaah Haji tambahan di daerah-daerah termasuk Kabupaten Bone.

BAGIKAN