Sejumlah Pejabat eselon II Pemda Bone mengikuti Asesmen di Makassar

667

Bupati Bone Bpk. Dr. A.Fahsar M. Padjalangi,M.Si. sebelum melaksanakan mutasi melaksanakan asesmen bagi pejabat eselon II Lingkup pemda Bone.

Asesmen bagi 34 pejabat eselon II tersebut digelar di kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, pada Jumat-Sabtu, 21-22 Juni 2019.

Menurut Bapak Bupati asesmen ini penting, yaitu untuk melihat sejauh mana kemampuan masing-masing pejabat serta posisi yang tepat.

Bupati Bone menjelaskan, bahwa dalam asemen itu semua pejabat dinilai kemampuannya secara komprehensif dengan melibatkan tim, guna mengetahui kelemahan dan kekuatan masing-masing dan hasilnya dapat digunakan sebagai dasar penempatannya yang tepat.

“Jadi sebelum penyegaran atau mutasi kita asesmen semua pejabat eselon II supaya bisa menjalankan tugas dan fungsi nantinya” kata Bupati Bone.

“Hasilnya nanti akan saya pertimbangkan untuk penentuan posisi jabatan yang cocok maupun jabatan setingkat eselon II yang lowong saat ini karena adanya sejumlah pejabat pensiun,” tuturnya.

Sementara Sekda Bone H.A.Surya Darma, S.E.,M.M. mengatakan, bahwa dalam asesmen ini, para pejabat eselon II ini diiuji secara komprehensif, di mana akan digali kompetensinya, capaiannya, serta kesesuaian jabatan yang sekarang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bone, Drs.H.Andi Islamuddin mengatakan asesmen ini digelar dalam rangka penataan jabatan untuk dapat menakar potensi serta kemampuan pejabat sebelum menempati jabatan.

“Di situ nantinya dilihat kemampuan managerialnya, kemampuan teknisnya. Selanjutnya dari hasil asesmen ini, nantinya sebagai dasar Bapak Bupati untuk melakukan pergeseran pejabat, sesuai dengan kompetensinya,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa saat ini ada sejumlah jabatan yang lowong, karena pejabat lama telah memasuki masa pensiun, sehingga jabatan tersebut akan dilelang sesuai hasil assesmen.

Saat ini ada sembilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang saat ini lowong dan selain memasuki masa pensiun juga dipimpin oleh  Plt, di antaranya:

1. Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan
3. Dinas Perdagangan.
4. Dinas Pendidikan
5. Dinas Pengairan Dan Sumber Daya Air (PSDA) dan
6. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
7. Dinas Sosial
8. Inspektorat Daerah, dan
9. Dinas Satpol PP

Seperti diketahui, Bupati Bone dan Wakilnya Dr.A Fahsar M. Padjalangi,M.Si. – Drs.H.Ambo Dalle, M.M. yang kembali memasuki periode keduanya 2018 – 2023 belum pernah melaksanakan mutasi/penyegaran.

BAGIKAN